Cooling System Polsek Mandau, Tegaskan Sekuriti PT ABB Jaga Keamanan Pilkada 2024

Polsek-Mandau-cooling-system.jpg
(ANDRIAS/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, MANDAU - Kapolsek Mandau Kompol Hairul Hidayat menegaskan bahwa menjaga kedamaian dan keamanan dalam Pilkada 2024 merupakan hal yang mutlak dan tidak dapat ditoleransi apabila dilanggar.

Komitmen tersebut, oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Mandau terus melakukan cooling system' guna meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak.

Kali ini, melalui kegiatan tersebut jajaran Polsek Mandau terus melakukan edukasi para security di lingkungan PT ABB, sebuah perusahaan yang beroperasi di sektor industri di wilayah Mandau, Kabupaten Bengkalis.

"Perbedaan pilihan dalam Pilkada tidak boleh menjadi alasan untuk terjadinya perpecahan di masyarakat, tegas Kapolsek Mandau disampaikan melalui Kanit Binmas AKP Indra Varenal S.H, Jumat 4 Oktober 2024.

Lanjut AKP Indra, dalam kegiatan tersebut juga menekankan pentingnya peran serta tenaga keamanan dalam menjaga kondusifitas di tengah masyarakat menjelang dan selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

"Para security adalah garda terdepan dalam menjaga keamanan di lingkungan kerja, tetapi juga memiliki peran penting dalam memastikan stabilitas keamanan di masyarakat," ujar AKP Indra.


Tambahnya, pihak kepolisian secara langsung mengedukasi para security tentang bahaya berita hoaks, ujaran kebencian, dan potensi provokasi yang sering kali muncul di masa-masa sensitif seperti menjelang Pilkada. 

"Polsek Mandau mengajak seluruh tenaga keamanan untuk selalu bersikap netral dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan. Edukasi ini diharapkan mampu "meracuni" pemikiran mereka dengan wawasan positif dan kesadaran untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan serta ketertiban umum," imbuhnya.

Selain memberikan arahan, Polsek Mandau juga membagikan beberapa materi terkait pemantauan keamanan, prosedur penanganan potensi konflik, serta tata cara pelaporan jika ditemukan hal-hal mencurigakan di sekitar tempat kerja maupun lingkungan masyarakat.

"Kami berharap, upaya ini dapat memperkuat semangat kebersamaan antara kepolisian, masyarakat, dan pihak-pihak terkait lainnya dalam mewujudkan pemilihan yang damai, jujur, dan adil di tahun 2024," pungkasnya.

Dengan pendekatan persuasif dan edukatif, Polsek Mandau berkomitmen untuk terus merangkul berbagai elemen masyarakat demi suksesnya Pilkada yang aman dan damai. Kegiatan ini menjadi salah satu langkah strategis dalam menjaga ketertiban serta meminimalisir potensi konflik di masa Pilkada mendatang.

Sementara, salah seorang perwakilan sekuriti PT ABB, Sarman, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama dalam membangun kesadaran mereka untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga ketertiban selama Pilkada. 

“Kami merasa semakin siap dalam menjalankan tugas, tidak hanya sebagai tenaga keamanan di perusahaan, tetapi juga sebagai bagian dari masyarakat yang turut serta mendukung Pilkada damai,” ujarnya.