Kuatkan Persatuan dan Persaudaraan, Irjen Iqbal Serukan Spirit Bhinneka Tunggal Ika

Kuatkan-Persatuan-dan-Persaudaraan-Irjen-Iqbal-Serukan-Spirit-Bhinneka-Tunggal-Ika.jpg
(Defri Candra/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda Riau) Irjen Pol Mohammad Iqbal memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Mapolda Riau, Selasa, 1 Oktober 2024.

Irjen Mohammad Iqbal menekankan pentingnya Pancasila dan semangat Bhinneka Tunggal Ika sebagai anugerah bagi Indonesia dan seluruh warganya.

Dalam kesempatan tersebut, Jenderal bintang dua itu menyatakan, Indonesia harusnya bukan hanya sekadar bangga, tapi seharusnya bersyukur. 

"Ini adalah anugerah bagi negeri kita, bagi seluruh warga negara. Para leluhur telah menghadiahkan Pancasila kepada kita," ujar Irjen Iqbal.

Akpol 1991 itu menggarisbawahi nilai-nilai Pancasila yang sejalan dengan tugas kepolisian dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. 

“Upaya kami adalah melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. Penegakan hukum yang berkeadilan adalah manifestasi dari keyakinan akan Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya. 


Mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu menambahkan, Pancasila mendorong setiap warga negara untuk beraktivitas sesuai dengan norma-norma ibadah masing-masing, menciptakan keharmonisan di tengah keragaman.

Lebih lanjut, Iqbal menekankan bahwa ajaran agama manapun mengajak untuk mengedepankan sikap positif, santun, dan tidak menyakiti orang lain. 

“Ada Hablum minannas dan rahmatan lil alamin. Rahmat tidak hanya ditujukan kepada manusia, tetapi juga kepada alam, yang harus kita cintai dan rawat,” tegasnya.

Di tengah era demokrasi dan kontestasi Pilkada, Iqbal menyoroti pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. 

“Variabel utama adalah persatuan dan kesatuan. Kita sesama insan manusia dan saudara boleh bertanding dengan mengedepankan visi dan misi. Namun, jangan sampai menyebar hoaks atau menjatuhkan satu sama lain,” jelas Iqbal.

Kapolda juga mengingatkan bahwa dalam menjalankan tugas, kepolisian memegang teguh prinsip-prinsip Pancasila. 

“Kami menjadikan Pancasila sebagai dasar. Tribrata dan Catur Prasetya tentunya bersinar dalam bingkai nilai-nilai Pancasila,” tutupnya.

Dengan pernyataan tersebut, Irjen Mohammad Iqbal berharap agar seluruh elemen masyarakat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dengan semangat persatuan yang kokoh jelang Pilkada Serentak 2024.