2 Gedung Pernah Terbakar di Komplek Perkantoran Pemko Pekanbaru Tenayan Raya

Damkar-di-gedung-lipat-kajang.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dua gedung di komplek Perkantoran Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di Tenayan Raya pernah mengalami peristiwa kebakaran. Keduanya yakni Gedung Lontiok dan Gedung Lipat Kajang.

Terbaru, Gedung Lipat Kajang terbakar pada Jumat, 20 September 2024, siang. Api melahap gedung Lipat Kajang dari bagian atas hingga menuju ke beberapa lantai di bawahnya.

Terdapat sejumlah kantor pada Gedung B9 berlantai 5 tersebut. Ada Dinas Perhubungan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Sejumlah barang sisa kebakaran tampak hangus, kaca jendela pecah dan masih tercium aroma sisa kebakaran. Debu menyeruak hingga ke luar gedung.

Pada Rabu 16 Agustus 2023 silam, kebakaran terjadi di Gedung Lontiok saat malam hari. Api melahap ruangan Kepala Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) di lantai 2.

Pemadaman api sempat terkendala, karena bagian yang terbakar berada dalam ruangan di lantai 2 di Gedung B3, Perkantoran Pemko Pekanbaru, Tenayan Raya.

Di Gedung Lontiok tersebut, lantai 1 dan 2 merupakan ruang BPKAD, lantai 3 ada ruang Inspektorat, lantai 4 Dinas Pertahanan dan Badan Pengembangan dan Penelitian dan lantai 5 Badan Pengembangan dan Penelitian.



Untungnya, kebakaran tidak berlangsung lama. Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru segera melakukan pemadaman api.

Gedung perkantoran yang berada di Jalan Badak tersebut telah diisi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sejak beberapa tahun silam. Mereka secara berangsur pindah ke gedung baru tersebut.

Pada awal Januari 2022, sebanyak 11 OPD sudah pindah ke Komplek Perkantoran Tenayan. Para pegawai dari 11 OPD tersebut menempati Gedung B2, B5, dan B6.

Sebelas OPD di antaranya, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Ketahanan Pangan, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Kemudian, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Ada juga Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat.

OPD tersebut menempati tiga gedung baru yang telah dibangun di Komplek Perkantoran Tenayan Raya. Mereka menyusul OPD lainnya yang lebih dahulu pindah dari pusat kota sejak tahun 2020.

Sudah ada sejumlah OPD yang menempati Gedung B1 (Gedung Utama) komplek Perkantoran Tenayan Raya sejak tahun itu, di antaranya yakni, kantor wali kota, Sekretariat Daerah, Badan Perencanaan Daerah, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian.