Pj Gubernur Riau Ingin Jajaran Komitmen Berantas Kemiskinan dan Stunting

Pj-Gubri-Rahman-Hadi5.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pj Gubernur Provinsi Riau, Rahman Hadi meminta jajarannya terus fokus dan komitmen memberantas kemiskinan dan stunting. 

Hal itu ia sampaikan saat rapat koordinasi optimalisasi layanan dasar bagi masyarakat, yang digelar di Gedung Daerah Balai Serindit pada Jumat, 20 September 2024 kemarin.

Rahman Hadi mengatakan, penanganan stunting juga harus diupayakan dengan penyediaan air bersih bagi masyarakat. 

Sebagaimana diketahui, Provinsi Riau ini memiliki kondisi geografis cenderung tanah gambut, air terkesan keruh dan ketersediaan sumur air bersih sangat terbatas. Selain itu, kondisi ini ditambah dengan masyarakat yang tidak mengelompok atau terpisah-pisah.



Sebagai penanggulangannya, pemerintah telah melakukan pemetaan secara administratif, dan ada program yang tersedia. 

Namun, agar program ini efektif dan efisien harus dilakukan bersama antara Pemprov, Pemko/Pemkab hingga di tingkat desa atau kelurahan.

"Program penyediaan air bersih bagi masyarakat harus simultan atau bersama-sama dikerjakan dalam berbagai tingkatan dengan waktu yang harus ditentukan dan capaian target harus terselesaikan," ujarnya.

Rapat turut hadir Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Riau Zuliana Rahman Hadi, Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kemendagri Paudah, Kadis PU Provinsi Riau Arif Setiawan, Perwakilan Kepala Desa Se Provinsi Riau dan tamu undangan lainnya.