Sudah Berusia Puluhan Tahun, Tembok Pasar Bawah Dibongkar

Kadis-DPP-Pekanbaru-Zulhelmi2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kondisi tembok di bagian dalam Pasar Wisata Pasar Bawah ternyata sudah tidak layak. Banyak dari tembok pasar itu terpaksa dibongkar dalam revitalisasi Pasar Wisata Pasar Bawah.

Pengelola Pasar Wisata Pasar Bawah, PT Ali Akbar Sejahtera sudah melaporkan kondisi tersebut. Banyak dari tembok harus dirobohkan dalam revitalisasi ini karena sudah berusia puluhan tahun.

"Dari laporan pengelola, banyak dinding sudah tidak layak sehingga harus diganti," ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Kamis 19 September 2024.

Pengelola harus memastikan pembongkaran berlangsung dengan aman. Ia tidak ingin material yang dibongkar malah jatuh ke ruas jalan sekitar Pasar Bawah Pekanbaru.


"Jangan sampai materialnya jatuh ke jalan di sekitarnya, perhatikan keamanannya," jelasnya.

Dirinya juga mengingatkan agar tidak ada kendaraan yang parkir di sekitar bangunan Pasar Bawah. Ia tidak ingin kendaraan yang parkir malah terkena material dari tembok yang dibongkar.

Pengelola menargetkan bisa menuntaskan revitalisasi Pasar Bawah Pekanbaru pada akhir tahun 2024. Mereka harus memastikan setelah revitalisasi kondisi pasar sudah layak untuk beroperasi.

"Paling tidak awal tahun depan proses pembangunan tuntas dan sudah berfungsi, para pedagang bisa berjualan kembali," bebernya.

Sementara itu, ratusan pedagang Pasar Wisata Pasar Bawah berjualan di Tempat Penampungan Sementara (TPS). Lokasi TPS berada di areal Pelabuhan Pelindo Pekanbaru.