Bahan Pangan untuk Makan Bergizi Gratis Bakal Dipasok dari Pelaku Usaha Pekanbaru

Simulasi-makan-bergizi-gratis-di-pekan.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Simulasi program makan bergizi gratis di Kota Pekanbaru masih berlanjut. Pemerintah kota pun sudah mulai mempersiapkan pasokan bahan pangan untuk mendukung program ini.

Pasokan protein hingga sayur mayur rencananya dipasok oleh para pelaku usaha. Pemerintah kota juga bakal memberdayakan pelaku UMKM. 

"Pangan lokal juga bisa dari Kota Pekanbaru, saya mengajak seluruh pihak terkait ada lanjutan menindaklanjuti ini," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, Rabu 18 September 2024.

Ia menyebut, Kota Pekanbaru sudah siap melaksanakan program dari Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto. Simulasi yang dilakukan menjadi tolak ukur untuk penyempurnaan teknis di lapangan sebelum program ini nantinya benar-benar diterapkan.

Saat ini pemerintah kota cuma tinggal menanti petunjuk teknis dari kementerian terkait yang menangani program ini. Pemko siap menerima arahan selanjutnya untuk penerapan program tersebut.


"Semua yang kita lakukan ini, kita sudah berkoordinasi baik juga terkait menunya," ujar Risnandar.

Dirinya menyebut bahwa menu yang tersaji sudah mendapat saran dari ahli gizi. Nantinya program ini tidak cuma di SD dan SMP tapi juga bagi warga yang membutuhkan.

Ia mengaku bakal mengevaluasi pelaksanaan simulasi makan siang bergizi gratis. Pemerintah kota juga berencana kerjasama dengan pelaku usaha lewat program CSR.

Risnandar mengajak pelaku usaha swasta untuk melaksanakan program dari Presiden RI terpilih. Pemerintah kota membuka kesempatan kepada pihak ketiga menggelar simulasi makan siang bergizi gratis.

"Sebab kita ingin mencoba menggelar simulasi lanjutan, pihak ketiga bisa ikut membantu penyelenggaraannya," tutupnya.