Pasca Penertiban, Kawasan Pasar Bawah Sudah Bersih Dari Kios Liar

Revitalisasi-Pasar-Bawah-Pekanbaru-Ditargetkan-Tuntas-Awal-2025.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kawasan di sekitar Pasar Wisata Pasar Bawah, Kota Pekanbaru sudah bersih dari kios liar. Kondisi ini terlihat pasca penertiban kios liar di kawasan itu pada minggu lalu.

Aparat gabungan sudah membongkar seluruh kios liar yang ada di Jalan Muhammad Yatim. Mereka membongkar belasan kios liar yang ada di badan jalan dan trotoar.

Kawasan itu sudah bersih dari kios liar seiring revitalisasi Pasar Wisata Pasar Bawah yang sedang berjalan. Penertiban dilakukan untuk penataan kawasan tersebut agar lebih nyaman dikunjungi.

"Ini bagian dari proses penataan kawasan tersebut, kita sudah melakukan penertiban. Bahkan sebelumnya kita sudah ambil langkah persuasif," ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Selasa 17 September 2024.

Dirinya mengingatkan agar pedagang tidak membuat kios liar baru. Ia menyebut, total pedagang yang berjualan di kios liar sebanyak 17 orang.


Zulhelmi menegaskan bahwa penataan kawasan Pasar Bawah bukan untuk menggusur pedagang. Namun dalam rangka penataan agar para pedagang bisa berjualan di Tempat Penampungan Sementara (TPS).

Lokasi TPS tersebut berada dalam dalam area Pelindo Pekanbaru. Jumlah pedagang yang sudah berjualan dalam TPS berkisar 240 orang. 

"Kita tidak langsung lakukan penertiban, tapi kita surati dulu dan beri imbauan dalam dua bulan ini," paparnya.

Zulhelmi menyebut, pemerintah kota tidak sekedar menata kawasan itu lewat penertiban dengan membongkar belasan kios. Mereka memberi solusi kepada pedagang untuk berjualan dalam TPS. 

"Kita sudah sediakan TPS, bukan kita gusur. Kita sediakan gratis, bukan sewa. Kalau mereka buat kios di luar, tentu harus sewa," tandasnya.