Ganjar Pranowo: Kekayaan SDA Riau Harus Dikelola SDM Berintegritas dan Anti Korupsi

Ganjar-Pranowo.jpg
(Rahmadi Dwi Putra/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mantan Gubernur Jawa Tengah yang pernah mencalonkan diri sebagai Calon Presiden RI 2024-2029, Ganjar Pranowo mengatakan, Provinsi Riau merupakan daerah yang memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA), berupa minyak dan gas bumi serta kelapa sawit. 

Namun, kekayaan SDA tersebut harus dikelola oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kecerdasan, integritas serta semangat anti korupsi. Sehingga, SDA yang ada saat ini dapat dikelola dengan baik dan berkelanjutan.

"Provinsi Riau kaya akan SDA berupa minyak dan gas. Tapi kekayaan ini akan habis,” ujar Ganjar saat berbincang bersama dengan Yan Prana dalam "Bual YP" Riauonline.co.id

“Makanya, harus ada peningkatan kualitas SDM untuk mengelola kekayaan ini, sehingga memajukan daerah Riau. Semuanya juga butuh integritas dan semangat anti korupsi," imbuhnya.


Lebih lanjut, Ganjar mengatakan saat ini Indonesia merupakan daerah otonom. Kebijakan ini merupakan hasil reformasi yang tujuannya untuk memberikan kewenangan kepada daerah dalam hal pengelolaan wilayah masing-masing. 

"Tapi tanpa akuntabilitas, tanpa integritas, semangat anti korupsi, transparansi, tokoh-tokoh yang amanah dalam menjalankan jabatannya," jelasnya.

Selain itu, menurut mantan Anggota DPR RI dari PDIP ini, kebijakan pengelolaan SDA yang ada di Riau dan Indonesia saat ini, perlu kerjasama dan koordinasi yang baik. 

"Karena pernah kejadian di Jawa Tengah, ketika Kementerian memberikan izin pertambangan, ternyata di wilayah itu ada sekolahan. Makanya, antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat harus punya koordinasi, dan Pemerintah Daerah harus cek dan ricek data-datanya, jangan cuma pakai data di atas meja," pungkasnya.