Ditlantas Polda Riau Kerahkan 552 Personel di Titik Rawan Kemacetan di Pekanbaru

Ditlantas-Polda-Riau-Kerahkan-552-Personel-di-Titik-Rawan-Kemacetan-di-Pekanbaru.jpg
(Rahmadi Dwi Putra/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Antisipasi macet pasca hari libur, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau terjunkan 552 personel lalu lintas di titik rawan kemacetan.

Personel ini diterjunkan guna memberikan kelancaran aktivitas lalu lintas yang tersebar di titik rawan kemacetan yang ada di Kota Pekanbaru.

"Mengingat Pasca Hari libur kita menurunkan 552 personel lalu lintas gabungan, baik dari Ditlantas Polda Riau maupun Satlantas Polresta jajaran, kemudian kita bagi di titik rawan jalan yang macet, khususnya di pusat perbelanjaan," terang Dirlantas Polda Riau, Kombes Taufiq Lukman, Senin, 16 September 2024.

Ratusan personel lalu lintas itu melakukan pengaturan lalu lintas di sepanjang jalan Sudirman, depan Mal Pekanbaru, Pusat Perbelanjaan RTC, Perempuan Traffic light Mal SKA Pekanbaru, Bundaran Tugu Songket.

Selain itu juga di Traffic light Simpang empat durian, Traffic Jalan Riau, Pusat Perbelanjaan Ciputra, Traffic light Simpang Tiga Arifin Ahmad, Simpang Tiga Tabek Gadang dan Traffic light Simpang empat Jl. Soebrantas dan Jl. Garuda Sakti Pekanbaru.

"Kita tempatkan semua personel di simpul yang sering terjadi rawan kemacetan,” jelas Dirlantas Polda Riau.

“Perlu diketahui saat ini bukan karena hari libur saja, situasi dan kondisi kita saat ini dalam masa Pilkada Riau 2024, tentunya peningkatan kendaraan dari luar kota jelas meningkat drastis, guna antisipasi itu semuanya, maka kita turunkan semua personel lalu lintas gabungan ini,” imbuhnya.



Sementara itu, terpantau di Simpang empat SKA tampak personel Ditlantas Polda Riau dan Satlantas Polresta berjibaku mengurai arus lalu lintas guna memberikan kelancaran kepada pengendara. 

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Riau, AKBP Dasril juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat terkhusus nya pengendara.

"Kami dari Ditlantas Polda Riau tidak bosan bosannya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pengendara agar selalu mematuhi tata tertib dalam berlalu lintas,” imbau AKBP Dasril.

“Utamakan keselamatan daripada kecepatan dan jangan melawan arus ikuti anjuran petugas di lapangan, jangan sesekali saat berkendara menggunakan handphone, itu sangat membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya,” tambahnya.

Dari pengakuan pengguna jalan yang dibantu oleh salah satu personel lalu lintas saat ingin melakukan penyeberangan mengucapkan terima kasihnya kepada Polisi lalu lintas. 

"Iya pak, jalan rame kali lah, Alhamdulillah ada pak Polisi nya, jadi saya minta bantu menyebrangi, semoga bapak polisi nya slalu ada di lokasi ska ini pak, karena kendaraanya rame kali," kata Santi.

Sementara itu, Dirlantas Polda Riau juga menyampaikan imbauan nya kepada seluruh pengendara. 

"Kami imbau kepada seluruh pengguna jalan, terkhusus nya pengendara, mati kita sama sama wujudkan lalu lintas yang aman dan nyaman, jadilah pelopor keselamatan dalam berlalu linta,” ujarnya.

“Utamakan keselamatan, ingat kita dalam suasana Pilkada Riau 2024, aktivitas kendaraan cukup padat, mari utamakan keselamatan dalam Berlalu Lintas, bagi pengendara yang dari luar kota baik yang balik mudik maupun kembali mudik, selalu hati-hati berkendara, utamakan keselamatan daripada kecepatan," pungkasnya.