Ditetapkan jadi Paslon Pilgubri 22 September, Ini Visi dan Misi Wahid-SF Hariyanto

Wahid-hariyanto-daftar-kpu.jpg
(Winda Mayma Turnip/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - KPU Provinsi Riau menyatakan Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Abdul Wahid - SF Hariyanto telah memenuhi syarat administrasi. KPU juga telah merilis latar belakang dan visi-misi Bapaslon tersebut melalui laman resmi KPU Riau.

Ketua KPU Provinsi Riau, Rusidi Rusdan mengatakan, tahapan saat ini adalah pembukaan kesempatan kepada masyarakat yang ingin memberikan sanggahan dan tanggapan terkait Bapaslon tersebut. 

Masa sanggah dibuka sejak 15 September hingga 21 September 2024.  Masyarakat dapat mengakses situs KPU, melalui pesan WhatsApp di nomor 08127660600 atau datang langsung ke Kantor KPU Riau. 

"Sanggahan atau tanggapan dapat dilakukan terhadap keabsahan ijazah dan dokumen-dokumen pencalonan secara umum seperti usia, status ASN, keterangan tidak pernah dipidana dan surat-surat pencalonan dari partai politik," ujar Rusidi.

KPU Riau bakal menetapkan Bapaslon sebagai Paslon dalam Pilgub Riau pada 22 September 2024.

Adapun latar belakang dan visi-misi dari Bapaslon Abdul Wahid - SF Hariyanto, diantaranya sebagai berikut:

Calon Gubernur Riau Abdul Wahid lahir di Belaras pada 21 November 1980. Sebelum mencalonkan diri sebagai Cagubri, ia pernah menjabat sebagai:

- Anggota DPR RI pada 2019-2024.

- Anggota DPRD Riau pada 2009-2019.

- Komisaris PT. Malay Nusantara Cipta pada 2009-2012.



Sementara itu, Wakil Gubernur Riau SF Hariyanto lahir di Pekanbaru, 30 April 1965. Sebelum maju di Pilgubri 2024, SF Hariyanto pernah menjabat sebagai:

- Pj. Gubernur Riau pada 2024.

- Sekretaris Daerah Provinsi Riau pada 2021-2024.

- Inspektur VI Kementerian PUPR pada 2020-2021.

Visi Paslon Abdul Wahid-SF Hariyanto:

"Riau Berbudaya Melayu, Dinamis, Ekologis, Agamis dan Maju"

Misi Paslon Abdul Wahid-SF Hariyanto:

- Membangun manusia yang sehat dan berkualitas melalui pelayanan pendidikan dan kesehatan yang merata dan berkeadilan serta keberpihakan pada disabilitas dan kelompok marjinal.

- Meningkatkan perekonomian, daya saing dan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya secara optimal dalam kerangka pembangunan yang berkelanjutan.

- Memperkuat Infrastruktur yang handal guna kemudahan akses, pelayanan masyarakat dan perekonomian serta peningkatan konektivitas antar wilayah.

- Memerangi kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan antar masyarakat dan antar wilayah serta menjaga keseimbangan dan pemerataan pembangunan.

- Mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan berintegritas serta pelayanan publik yang berkualitas dengan dukungan aparatur yang kompeten profesional menuju World Class Government.

- Memperkuat riset dan inovasi serta kerjasama pembangunan guna akselerasi capaian pembangunan melalui public private partnership, bersama antar daerah maupun kerjasama global.

- Mewujudkan kebudayaan melayu sebagai alat pemersatu dan perwujudan nilai-nilai kearifan lokal

Mengenai dokumen lebih lanjut dapat diakses melalui website KPU Riau.