Pekanbaru Klaim Investasi Triwulan II Pekanbaru serap 4 Ribu Tenaga Kerja

tenaga-kerja-ilustrasi.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Pekanbaru klaim telah menyerap 4.074 tenaga kerja  pada Triwulan II, April-Juni 2024.

Sekretaris DPM-PTSP Pekanbaru, Norpendike Prakarsa mengungkapkan, penyerapan tenaga kerja ini berasal dari investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) pada Triwulan II.

Norpendike mengatakan, tenaga kerja tersebut bekerja untuk 2.112 proyek atau kegiatan PMDN dan PMA. 

“Untuk PMDN jumlah proyek atau kegiatan sebanyak 1.974 proyek. Sementara itu untuk PMA ada sebanyak 138 proyek atau kegiatan,” papar Norpendike, dikutip dari ANTARA, Jumat, 13 September 2024.



Berbagai upaya dilakukan dalam mencapai target investasi, seperti memberi kemudahan perizinan pada investor agar menanam modal di Pekanbaru, serta melakukan pembinaan, pengawasan dan percepatan realisasi investasi bagi investor potensial, terutama proyek strategis nasional (PSN). 

"Juga ada pola kemitraan antara usaha besar dan usaha kecil dalam rangka pengembangan usaha," ujarnya. 

Norpendike juga menyampaikan, realisasi investasi pada Triwulan II adalah sebesar Rp1,3 triliun lebih. Sementara realisasi investasi pada Triwulan I adalah sebesar Rp1,6 triliun. 

Pada triwulan I, terjadi serapan tenaga kerja PMDN sebanyak 2.353, dengan rincian TKI sebanyak 2.353, sedangkan TKA tidak ada serapan tenaga kerja. Untuk serapan tenaga kerja PMA pada Triwulan 1 sebanyak 138 yang semuanya juga TKI.

Diketahui, pada tahun 2023 lalu total investasi di Kota Pekanbaru mencapai Rp6,504 triliun. Rinciannya sebesar Rp5,898 triliun berasal dari PMDN dan Rp606 miliar dari PMA.