Hampir Jual Rumah Gegara Air Tak Bersih, Rahmawati Diselamatkan Tirta Siak

Tirta-Siak0.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puluhan tahun Rahmawati tinggal di Kota Pekanbaru dengan memakai air tanah yang tidak bersih. Ia bahkan sudah berniat untuk menjual rumah pribadinya sebab tak kunjung mendapatkan solusi dari air yang berkarat.

"Jadi 20 tahun saya tinggal di sini (Pekanbaru, red) airnya berkarat. Tadinya saya sudah berniat jual rumah karena airnya jelek. Menjadi pertimbangan juga, siapa yang mau beli karena airnya jelek?" ujar warga Jalan Setia, Kelurahan Labuh Baru Barat.

Namun untungnya hanya sebatas niat. Rahmawati batal menjual rumah berkat solusi yang ia dapatkan. PDAM Tirta Siak Pekanbaru hadir menjawab masalah dan kegelisahan Rahmawati.

Setelah dirinya mencari informasi soal pemasangan air PDAM, Rahmawati langsung berkonsultasi dengan tim marketing Tirta Siak Pekanbaru.

"Waktu ada aktivitas penggalian, saya bertanya, ternyata PDAM. Rupanya saya ketinggalan info. Saya pikir pemasangan melalui RT, ternyata bisa langsung sendiri," ujar warga asal Palembang ini.

Setelah melihat banyak warga lain beralih ke air Tirta Siak, Rahmawati pun tak menunda waktu. Dirinya langsung mengurus pemasangan melalui tim marketing PDAM Tirta Siak.

"Akhirnya saya tanya di grup, setelah itu saya pun ikut pasang karena ternyata warga lainnya sudah. Melalui tim marketing saya pasang," ungkapnya.

Rahmawati mengaku banyak keuntungan saat beralih ke layanan air bersih Tirta Siak. Tadinya ia sempat ingin mengganti pipa lama lantaran banyak bekas air karat. Namun setelah berkonsultasi, dirinya tidak perlu repot mengganti pipa.



"Tadinya saya mau ganti pipa, tapi katanya tidak perlu karena air sisa kotor karat akan hilang dengan air pam. Jadi setelah saya pakai air Tirta Siak itu luar biasa," ulasnya.

Dirinya begitu puas dengan hadirnya air bersih Tirta Siak. Menurutnya, selain airnya bersih, juga aliran air cukup kencang dan hemat listrik.

"Rupanya lebih hemat memakai air Tirta Siak, lebih kencang karena listriknya berjalan terus. Karena saya tidak nyuci, cuma mandi aja. Ini hemat, tadi dihitung baru berapa," ujarnya.

Warga asal Palembang ini pun kini bisa nyaman tetap tinggal di rumah dengan hadirnya air bersih. Dirinya bahkan bisa merenovasi rumah agar lebih nyaman ditempati.

"Saat saya pasang PDAM, itu tidak ada lagi niat untuk jual, malah saya rehab sekarang rumahnya, saya cat ulang biar harum dan nyaman. Betah menunggu rumah dengan PDAM. The best. Alhamdulillah saya senang ada PDAM," tandasnya.

Direktur Perumda Tirta Siak, Agung Anugerah, menyampaikan rasa syukur dan senang mendengar kisah pelanggan yang hampir menjual rumahnya karena masalah air.

"Namun setelah beralih ke layanan air bersih dari Tirta Siak Pekanbaru, masalah tersebut terselesaikan, dan keluarga mereka kini bisa menikmati air bersih yang sehat dan jernih setiap hari," ujarnya.

"Terima kasih atas kepercayaan kepada kami. Kami berkomitmen untuk terus menyediakan air sehat berkualitas tinggi yang dapat diandalkan, sehingga anda dan keluarga dapat menikmati kenyamanan hidup di rumah yang anda cintai," sambungnya.

Air PDAM Tirta Siak yang diproduksi oleh Perumda Tirta Siak, dan PT PP Tirta Madani serta PT PP Tirta Riau sudah layak diminum karena diproduksi sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan.

Agung Anugerah mengatakan bahwa pihaknya sangat memperhatikan kualitas air yang dihasilkan yaitu sesuai dengan standar peraturan menteri kesehatan.

"Dengan adanya proyek ini, kami sangat memperhatikan dari sisi kualitas air yang dihasilkan, sesuai dengan Permenkes, karena selalu dilakukan uji agar sesuai dengan standar Permenkes. Seperti PH sesuai dengan Permenkes antara 6,6 sampai dengan 8,5, air yang kita hasilkan PH nya antara 7 sampai 7,5, lalu kekeruhan, sesuai standar dibawah 5, yang kami hasilkan rata-rata 1 dan kadar warna, standar Permenkes di bawah 15, yang dihasilkan rata-rata dibawah 5, sehingga yang kita produksi sudah layak diminum," jelasnya.