334 Murid SD di Pekanbaru Simulasi Makan Bergizi Gratis

Simulasi-makan-bergizi-gratis-di-pekan.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Simulasi makan bergizi gratis akhirnya berlangsung di Kota Pekanbaru. Ratusan murid Sekolah Dasar (SD) menerima makan siang dalam simulasi di hari pertama ini, Senin 2 September 2024.

Para murid di SDN 99 Pekanbaru di Kota Pekanbaru bergembira di kelas ketika mendapat makan bergizi gratis tersebut. Mereka menerima kotak makan siang bento. 

Kotak itu berisi nasi, ayam goreng, sayur buncis serta wortel, melon dan susu. Para murid pun langsung menikmati makanan dengan lahap.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan, simulasi tahap awal tidak ditanggung APBD. Maka simulasi hanya berlangsung di dua sekolah yakni SDN 99 Pekanbaru dan SDN 139 Pekanbaru.

"Untuk simulasi tahap awal, tidak ditanggung APBD, kita hanya menyiapkan dua sekolah," kata Abdul Jamal.



Jumlah murid yang mendapatkan simulasi program makan bergizi gratis ini sebanyak 334 anak. Sebanyak 145 murid di SDN 139 Pekanbaru dan 189 murid di SDN 99 Pekanbaru.

Abdul Jamal menyebut simulasi kali ini menggandeng Gojek-Tokopedia. Makanan yang tersedia merupakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). 

"Makanan dipesan secara online. Jam 11 sampai jam 12 kita bagikan," ujarnya.

Simulasi ini digelar jelang penerapan program makan siang bergizi gratis pada Januari 2025 mendatang.