Hari Ini Syamsuar - Mawardi Daftar ke KPU, Besok Giliran Dua Cagubri Lainnya

Paslon-Suwai-Siap-Daftar-KPU-di-Hari-Pertama-Pendaftaran-Pilgubri-2024.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - KPU Provinsi Riau telah membuka pendaftaran Calon Gubernur Riau (Cagubri) mulai hari ini, Selasa, 27 Agustus 2024 hingga 29 Agustus 2024 mendatang.

Kepala KPU Provinsi Riau, Rusidi Rusdan, mengatakan khusus hari ini yang akan datang mendaftar adalah Pasangan Calon (Paslon) Syamsuar - Mawardi (Suwai). Paslon ini akan mendaftar sekitar pukul 14.00 WIB.

"Tanggal 27 Agustus 2024, yang akan mendaftar ke KPU adalah Paslon Syamsuar - Mawardi," ujar Rusidi.

Ia menjelaskan, untuk dua Paslon lainnya, yakni Paslon Nasir - Wardan dan Abdul Wahid - SF Hariyanto, akan mendaftar pada hari yang sama, yakni besok, Rabu, 28 Agustus 2024.


"Paslon Nasir - Wardan mendaftar jam 10.30 dan Paslon Abdul Wahid-SF Hariyanto mendaftar pukul 14.30 atau sekitar habis dzuhur," jelasnya.

Terkait pendaftaran para Paslon Pilgubri tersebut, Rusidi mengatakan KPU Riau sudah melakukan persiapan yang cukup. KPU juga memastikan akan melaksanakan proses penerimaan calon secara transparan kepada publik dengan tidak membatasi peliputan media.

"Kita akan transparan, berkas-berkas calon dan kelengkapannya, apakah memenuhi syarat atau tidak akan kita persilahkan media untuk meliput," jelasnya.

Namun, pihaknya juga meminta agar pihak media tetap menghormati batas-batas privasi calon agar tidak bertentangan dengan aturan dan hukum yang berlaku tentang UU Pilkada, pers maupun aturan terkait lainnya.

"Misalnya, saat liputan calon melakukan tes kesehatan, apa penyakit calon dan hal-hal pribadi, itukan menyangkut data privasi pasien, ada undangan-undang lainnya. Maka kita harap, keterbukaan informasi tetap dengan menetapkan aturan yang berlaku," pungkasnya.