Masih Banyak Ruas Jalan Rusak di Pekanbaru, Perbaikan Digesa Jelang Akhir Tahun

Jalan-Bangau-Sakti-masih-rusak1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru kondisinya masih rusak ringan, sedang, hingga rusak berat. Seperti di Jalan Bangau Sakti yang masih mengalami rusak berat.

Padahal jalan yang berada dekat kampus Universitas Riau tersebut setiap harinya ramai dilintasi masyarakat. Pemerintah kota melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru hingga kini masih melakukan proses lelang untuk perbaikan jalan tersebut.

Ruas jalan lainnya yang belum tersentuh perbaikan yakni Jalan Paus, Jalan Melur, Jalan Merak, Jalan Samarinda hingga Jalan Pepaya.

Warga sekitar pun sudah berkali-kali melakukan penimbunan jalan secara swadaya di jalan rusak berat. Kondisi rusak dirasakan masyarakat sejak beberapa tahun belakangan.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan bahwa proses perbaikan jalan dilakukan bertahap. Pemerintah kota juga mengajukan rencana perbaikan sejumlah ruas jalan ke Pemerintah Provinsi Riau.



"Ruas jalan lainnya sedang dalam proses, kita tentu berupaya melakukan perbaikan di sejumlah ruas jalan rusak yang ada," kata Edward, Minggu 25 Agustus 2024.

Pihaknya sejak awal tahun lalu juga sudah melakukan perbaikan jalan rusak. Pengerjaan overlay atau pelapisan ulang kembali aspal ruas jalan yang sudah tuntas adalah Jalan Rajawali dan Jalan Balam.

"Overlay Jalan Rajawali sudah tuntas, tinggal finishing, Jalan Umban Sari juga sudah selesai," sebutnya.

Dia menambahkan bahwa mayoritas saat ini perbaikan ruas jalan rusak sedang tahap pengerjaan. Jalan Tengku Bey baru saja memulai proses perbaikan.

"Kalau ruas jalan ini sedang tahap pengerjaan, sebab baru saja dilakukan perbaikan," paparnya.

Ia menjelaskan, Dinas PUPR juga telah merencanakan perbaikan di beberapa ruas jalan lainnya, termasuk Jalan AM 1, Jalan AM 2, Jalan Neraca, dan Jalan Sakuntala yang akan segera diperbaiki dalam waktu dekat. 

"Kami terus berupaya untuk mempercepat perbaikan di sejumlah ruas jalan rusak. Proses ini akan berjalan secara bertahap," tandasnya.