Pemko Pekanbaru Mulai Bahas APBD-P 2024 dan APBD Murni 2025

Pj-Wako-Pekanbaru-Risnandar10.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mulai membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2024 dan APBD murni 2025.

"Dalam pekan ini juga, kami akan membahas pelaksanaan kegiatan yang sesungguhnya di APBD Perubahan," ujar Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Rabu 21 Agustus 2024.

Ia menyampaikan, untuk APBD 2025 sedang dibahas di DPRD. Dalam pembahasan ini, pemerintah kota diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum.

Sementara pengesahan APBD murni 2025, diperkirakan berlangsung usai pelantikan Anggota DPRD Pekanbaru terpilih periode 2024-2029. Sesuai jadwal, pelantikan berlangsung pada 6 September mendatang

"Setelah itu, baru pembahasan rancangan APBD 2025," jelas Risnandar.



Sebelumnya, Risnandar menyampaikan ada tiga kegiatan yang penganggarannya akan diprioritaskan pada APBD-P 2024 dan APBD Murni 2025.

"Pertama melaksanakan kegiatan yang prioritas nasional khususnya program presiden terpilih," ujarnya.

Kemudian yang kedua, anggaran APBD akan dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan sesuai arahan undang-undang salah satunya di bidang pendidikan.

Lalu ketiga, Risnandar menyatakan bakal menyiapkan fiskal yang cukup untuk kepala daerah terpilih. Sebab, kayanya, yang akan menjalankan APBD 2025 merupakan kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2024.

"Jadi, tugas saya menyiapkan fiskal untuk kepala daerah terpilih supaya bisa menyelesaikan visi misi. Karena, saya kalau sesuai jadwal, di Februari (2025) mungkin sudah tidak menjabat," tutupnya.