Kreatif, Mahasiswa KKN Unri Desa Benteng Utara Sulap Ikan Gabus Jadi Olahan Menarik

Mahasiswa-kkn-unri-di-inhil.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kreatif dan unik, dua kata yang menggambarkan mahasiswa Universitas Riau (Unri) menemukan inovasi dalam lomba memasak di Desa Benteng Utara, Kecamatan Sungai Batang, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau.

Kegiatan itu dilakukan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unri pada lomba memasak Ikan gabus bersama masyarakat di Desa Banteng Utara dengan Tema "Mengolah Ikan Gabus Menjadi Frozen Food".

Selain mengasah kreativitas peserta, kegiatan ini juga mengedukasi masyarakat tentang cara mengolah ikan gabus yang nyatanya di sana kurang diminati agar bermanfaat dengan baik sekaligus untuk meningkatkan nilai tambah produk lokal.

Fitri Mardiningsih, Septian Zaki Noval bersama kawan-kawan kegiatan ini dilakukan untuk Mahasiswa Unri sebagai upaya meningkatkan keterampilan dan pemanfaatan sumber daya lokal.

"Di Desa Benteng Utara belum banyak masyarakat yang memanfaatkan ikan ini dalam bentuk olahan modern seperti frozen food," katanya.



"Sehingga kami mahasiswa KKN Universitas Riau berinisiatif untuk merubah paradigma tersebut dengan menyelenggarakan lomba masak yang berfokus pada kreasi olahan ikan gabus," ujar Ketua Panitia, Zaki Noval, Rabu, 21 Agustus 2024.

Lanjut, Septian Zaki, setiap tim mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan konsep di balik olahan mereka, menjadikan momen ini sebagai ajang berbagi pengetahuan.

"Atas kreasi ini, banyak dari masyarakat yang ingin memasarkan produk olahan ikan gabus sebagai usaha sampingan," jelasnya.

Selain buat usaha sampingan warga di sana, Unri juga berhasil memperkenalkan cara baru dalam mengolah ikan gabus, tetapi juga memberdayakan masyarakat Desa Benteng Utara untuk menggali potensi lokal. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam pengembangan produk olahan ikan gabus yang lebih inovatif dan bernilai ekonomi tinggi di masa depan nanti," tutup Ketua Panitia.

Dengan demikian, lomba ini bukan saja menjadi ajang kreativitas, tetapi juga mendorong semangat kewirausahaan di kalangan masyarakat.