Mendagri Resmi Lantik Rahman Hadi sebagai Pj Gubernur Riau

Rahman-Hadi-dilantik-jadi-PJ-Gubri.jpg
(Tangkapan Layar/YouTube Kemendagri RI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Rahman Hadi sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Riau menggantikan SF Hariyanto. Pelantikan tersebut digelar di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Agustus 2024.

Sesuai dengan SK Presiden RI, Nomor 88/P Tahun 2024, Rahman Hadi telah resmi menjabat Pj Gubernur Riau sejak hari pelantikan dengan masa jabatan paling lama hingga satu tahun ke depan.

"Pada hari ini saya Mendagri atas nama Presiden RI Joko Widodo, resmi melantik Pj Gubernur Riau berdasarkan keputusan RI. Insya Allah melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," ujar Mendagri, Tito Karnavian.

Pelantikan tersebut disaksikan oleh Pj Sekdaprov Riau Gubernur Riau, jajaran pejabat tinggi atau kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.



Mendagri meminta Pj Gubernur Riau Rahman Hadi untuk menjaga stabilitas dan netralitas dalam proses pelaksanaan Pilkada.

"Kita akan menghadapi Pilkada, sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dan kerjasama kita dengan Bawaslu dan KASN. Bahwa Pj Gubernur yang akan masuk Pilkada, harus mengundurkan diri. Kemudian kepada Pj Gubernur baru agar tetap menjaga netralitas dalam Pilkada," pungkasnya.

Sementara itu, SF Hariyanto yang telah melepas jabatannya sebagai Pj Gubernur Riau, akan kembali menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Riau, yang merupakan jabatannya sebelumnya, sampai SF Hariyanto mundur sebagai Pegawai Negeri Sipil untuk maju sebagai bakal calon wakil gubernur Riau di Pilgub Riau. 

Sedangkan Pj Sekdaprov Riau, Indra, akan kembali menjabat sebagai kepala BPKAD.(ADV PEMPROV RIAU)