Mendag Zulkifli Hasan Resmikan Pasar Palapa Pekanbaru

Mendag-Zulhas-resmikan-pasar-palapa.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) meresmikan Pasar Rakyat Palapa, Kota Pekanbaru, Senin 24 Juni 2024. Zulhas mengaku bersyukur revitalisasi pasar rakyat ini rampung pengerjaannya.

Bangunan pasar ini dapat menampung seratus lebih pedagang. Zulhas mengatakan tujuan pasar itu sebagai tempat berlatih bagi pelaku UMKM.

"Pasar ini adalah tempat berlatih pengusaha. Di pasar kita buka warung, sudah biasa berjualan, berdagang. Kalau dari kecil sudah berdagang di pasar pasti kedepannya jadi pengusaha," kata Menteri Zulhas dalam peresmian Pasar Palapa.

Revitalisasi Pasar Palapa ini menggunakan anggaran dana tugas pembantuan. Nilai anggaran yang digelontorkan untuk revitalisasi ini mencapai Rp 3 miliar.


Zulhas menyebut, untuk revitalisasi di bawah Rp 6 miliar bisa ditangani langsung oleh Kementerian Perdagangan. Sedangkan untuk pembangunan pasar di atas Rp 6 miliar ditangani Kementerian PUPR dengan rekomendasi Kementerian Perdagangan.

Dalam peresmian Pasar Palapa, Menteri Zulhas didampingi Pj Sekdaprov Riau Indra dan Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, serta Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin.

Pasar Palapa berdiri sejak 2002 silam, tapi belum pernah ada perbaikan. Revitalisasi Pasar Palapa akhirnya berlangsung setelah adanya kucuran dana dari Kementerian Perdagangan.

Anggaran dari APBN 2023 ini jumlahnya mencapai Rp 3 miliar. Rp 2,7 miliar untuk revitalisasi, sisanya untuk biaya administrasi serta konsultan pengawasan.