Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Pekanbaru Sasar Murid PAUD hingga SMP

Ilustrasi-makan-bergizi-gratis3.jpg
(ANTARA/Aditya Rohman)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Uji coba program pemberian makan bergizi gratis bakal segera diterapkan di Kota Pekanbaru. Murid tingkat PAUD hingga SMP bakal jadi sasaran program tersebut.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pun mulai melakukan persiapan jelang simulasi program tersebut. Dinas Pendidikan saat ini mulai melakukan pendataan bagi anak-anak penerima manfaat.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, pemerintah kota sudah melakukan rapat koordinasi yang dipimpin Pj wali kota dan diikuti oleh sejumlah OPD terkait persiapan simulasi program tersebut.

"Jadi kita mau coba dulu, bagaimana polanya. Nanti kita pilih anak-anak SD hingga SMP mungkin," kata Indra Pomi Nasution, Minggu, 4 Agustus 2024.



Dia menjelaskan, pihaknya juga mempersiapkan terkait kebutuhan bahan pokok untuk menjalankan program tersebut. Kemudian berapa lama waktu penyajian makanan.

"Itu nanti kemungkinan kita lakukan simulasi di minggu ketiga bulan Agustus. Kita sudah menugaskan Dinas Pendidikan untuk mendata berapa orang siswa kita yang nanti dapat makan sehat bergizi," jelasnya.

Lebih lanjut Indra menuturkan, pihaknya segera mematangkan persiapan pemberian makan sehat bergizi ini jelang simulasi. Agar program tersebut bisa berjalan baik dan tepat sasaran.

Dalam simulasi ini, satu paket makanan akan dianggarkan sebesar Rp15.000. Anggaran tersebut berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, bukan APBD.

Sekitar 1.000 anak di dua sekolah yang dipilih akan menerima makan bergizi gratis selama simulasi. Makanan yang diberikan memenuhi standar empat sehat lima sempurna.