Catat Tarifnya, Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Mulai Berbayar 30 Juli Mendatang

Tol-Bangkinang-XIII-Koto-Kampar.jpg
(Winda Mayma Turnip/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tol Padang - Pekanbaru Seksi Bangkinang - XIII Koto Kampar akan mulai berbayar pada 30 Juli 2024 mendatang.

Pengendara pengguna jalan tol diingatkan untuk menyiapkan kartu eletronik untuk transaksi pembayaran dan memeriksa ketersediaan saldo untuk menghindari antrean panjang.

Berdasarkan SK Menteri PUPR terkait dengan penetapan tarif tol tersebut, berikut Tol Bangkinang – XIII Koto Kampar:

Pekanbaru tujuan XIII Koto Kampar

  • Kendaraan Golongan I Rp60,000
  • Golongan II & III Rp 89.500
  • Golongan IV & V Rp119.500

Bangkinang menuju XIII Koto Kampar

  • Golongan I Rp26.000
  • Golongan II dan III Rp39.500
  • Golongan IV dan V Rp52.500

Tarif tol ini juga berlaku untuk tujuan sebaliknya, baik dari XIII Koto Kampar menuju Pekanbaru atau XIII Koto Kampar menuju Bangkinang.


"Total akumulasi tarif untuk Golongan I dari Pekanbaru menuju Koto Kampar atau sebaliknya adalah sebesar Rp60.000," kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris PT Hutama Karya, Adjib Al Hakim, Sabtu, 27 Juli 2024.

PT Hutama Karya mengimbau pengguna jalan tol untuk berkendara sesuai tata tertib dan ketentuan. Berkendara dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam.

"Kami juga mengimbau patuhi rambu-rambu lainnya selama melewati tol. Periksa kendaraan anda, fisik juga. Kalau lelah istirahatlah. Ini penting untuk keselanatan anda dan pengendara lainnya," papar Adjib.

Jalan bebas hambatan ini telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 31 Mei 2024. Namun, operasionalnya belum berbayar sejak diresmikan.

Ruas tol ketiga ini menjadi akses penting antar provinsi, terutama Riau-Sumatera Barat, karena mampu memangkas jarak tempuh hingga 1.30 jam dibandingkan jalan lintas barat.