Komitmen RAPP: Seimbangkan Bisnis, Lingkungan dan Sosial Raih ARA 2024

RAPP-raih-penghargaan-ara-2024.jpg
(Dok. RAPP)

RIAU ONLINE, PANGKALAN KERINCI - Manajemen krisis merupakan aspek vital bagi perusahaan dalam menghadapi situasi tak terduga yang dapat mengancam stabilitas dan kelangsungan operasional. Kemampuan perusahaan untuk mengelola risiko dengan efektif tidak hanya meningkatkan ketahanan bisnis, tetapi juga membangun kepercayaan pemangku kepentingan.

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), bagian dari APRIL Group, berkomitmen menjalankan manajemen krisis dengan baik. Baru-baru ini, produsen pulp dan kertas berkelanjutan ini meraih dua penghargaan bergengsi dari ASEAN Risk Award (ARA) 2024, yaitu Environmental and Social Risk Management (ESRM) Pioneer Award dan Public Initiative Award.

Enterprise Risk Management-Business Continuity Management (ERM-BCM) Head RAPP Roberd Luhut Sitorus, sebagai perwakilan yang menerima penghargaan menyatakan rasa bangganya saat RAPP diumumkan meraih predikat winner dan runner up pada acara ARA 2024.

“Kami dengan senang hati dan bangga mengumumkan bahwa PT RAPP, APRIL Group meraih penghargaan sebagai pemenang dalam Environmental, Social Risk Management (ESRM) Pioneer dan menjadi runner up dalam inisiatif publik pada acara ARA 2024,” ucap Roberd, Senin 22 Juli 2024, di Pangkalan Kerinci.

Ia juga mengapresiasi dukungan dan komitmen tegas jajaran manajemen, yang selama ini terus berkomitmen dalam pengelolaan risiko yang bertanggung jawab.

“Terima kasih atas dukungan penuh manajemen RAPP, APRIL Group dan seluruh pimpinan grup dan unit bisnis yang telah menunjukkan kemahiran luar biasa dalam mengintegrasikan pertimbangan lingkungan dan sosial ke dalam strategi manajemen risiko dan memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat,” sebut Roberd.

Pada kategori ESRM Pioneer, RAPP meraih predikat winner berkat integrasi pertimbangan lingkungan dan sosial ke dalam strategi manajemen risiko, serta penerapan proses untuk meminimalkan risiko dengan memperhatikan konteks sosial dan lingkungan operasional. 

Selanjutnya pada kategori Public Initiative Award, RAPP meraih penghargaan atas mengapresiasi kontribusi signifikan yang dilakukan perusahaan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sekaligus menunjukkan komitmen terhadap manajemen risiko yang bertanggung jawab.



Di tempat terpisah, Presiden Direktur RAPP Sihol Aritonang, mengungkapkan bahwa menjadi produsen pulp dan kertas terbaik di dunia, RAPP selalu mengedepankan pengelolaan hutan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan dalam setiap aspek operasionalnya. RAPP berkomitmen dalam manajemen risiko yang unggul dan praktik bisnis berkelanjutan. 

"RAPP juga terus menjalankan prinsip 5C, yaitu Baik untuk masyarakat (Community), Baik untuk Negara (Country), Baik untuk Iklim (Climate), Baik untuk Pelanggan (Customer), dan tentu akan Baik pula bagi Perusahaan (Company)," terangnya.

Penghargaan diterima oleh RAPP pada acara yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, Jumat, 5 Juli 2024 lalu itu, menjadi bukti nyata dari komitmen perusahaan terhadap manajemen krisis yang unggul.

Pada malam penganugerahan, tampak hadir berbagai perusahaan terbaik di Asia Tenggara yang berkontribusi dalam industri risk management. 

ARA diselenggarakan oleh Enterprise Risk Management Academy (ERMA), yang merupakan penyedia pendidikan manajemen risiko komprehensif terkemuka di dunia.

ARA 2024 adalah acara tahunan yang diadakan untuk mengapresiasi perusahaan, organisasi, dan individu yang telah menunjukkan keunggulan dalam manajemen risiko di kawasan ASEAN. Penghargaan ini mencakup berbagai kategori yang memperhatikan inovasi, teknologi, dan praktik terbaik dalam manajemen risiko yang efektif dan berkelanjutan. 

"Penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi perusahaan dalam menghadapi tantangan industri sekaligus memprioritaskan aspek lingkungan dan sosial," tambah Sihol.

Sejak diselenggarakan pertama kali pada 2016, ARA telah memberikan penghargaan kepada banyak perusahaan dan organisasi kelas dunia di negara-negara besar di Asia Tenggara.

Atas penerimaan penghargaan ini, RAPP kembali mencatatkan prestasi yang tidak hanya diakui di tingkat lokal dan nasional, tetapi juga hingga internasional. 

Penghargaan diberikan atas keunggulan perusahaan dan organisasi dalam manajemen risiko, tata kelola, kemajuan teknologi, inovasi, kontribusi sosial.

Melalui penghargaan ini RAPP ingin menginspirasi perusahaan-perusahaan lain di Asia Tenggara serta sebagai kesempatan untuk melihat pencapaian dan kontribusi perusahaan dalam hal pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan dengan tetap melakukan perlindungan pada lingkungan.