SF Hariyanto Jadi Cawagub Wahid, Pengamat: Tak Jelas Basis Dukungannya

Pj-Gubri10.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pj Gubernur Provinsi Riau, SF Hariyanto bakal menjadi Calon Wakil Gubernur Provinsi Riau mendampingi Calon Gubernur Riau Abdul Wahid di Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2024, menjadi isu yang berkembang di tengah masyarakat. 

Meski SF Hariyanto yang saat ini masih berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dan menjabat sebagai Pj Gubernur Riau, belum memberikan pernyataan resminya, Abdul Wahid sendiri tidak menampik adanya kemungkinan akan berpasangan dengan SF Hariyanto.

Apalagi, kedua semakin menunjukkan "kemesraan" dan bersama-sama menghadiri sejumlah agenda.

"Isu yang berkembang sebagai bagian dari dinamika politik, tidak ada salahnya. Semua kemungkinan masih bisa terjadi. Tetapi kita juga masih menunggu hasil survei (terkait calon wakil)," ujar Abdul Wahid.



Sementara itu, Pengamat Politik Rawa El Amady mengatakan apabila Abdul Wahid berpasangan dengan SF Hariyanto, maka SF Hariyanto tidak membantu mendongkrak suara bagi Abdul Wahid agar terpilih di Pilgubri.

Salah satu alasannya adalah, SF Hariyanto bukanlah orang partai dan selama ini tidak memiliki basis pendukung yang jelas.

"SF itu bukan orang partai, sehingga dia tidak mempunyai basis pendukung yang jelas. Apalagi, masyarakat Riau ini, yang mau berpartisipasi pada Pemilu, Pilkada mayoritas merupakan masyarakat yang merupakan kader atau simpatisan partai politik," jelasnya.

Lanjutnya, meskipun SF Hariyanto terlihat jor-joran melakukan pendekatan kepada masyarakat, hal ini tidak akan terlalu mempengaruhi imagenya saat Pilgubri. 

"Kalau dia dekat dengan masyarakat itukan memang karena dia masih menjabat sebagai kepala daerah. Apa yang dia lakukan adalah tugas dan fungsinya sebagai kepala daerah," pungkasnya.