Masih Ada Sekolah di Pekanbaru Gelar MPLS, Disdik: Jangan Terlalu Lama

Siswa-sd-di-hari-pertama-sekolah.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aktivitas pembelajaran peserta didik SD maupun SMP di Kota Pekanbaru bergulir, Senin 15 Juli 2024. Meski begitu, proses belajar mengajar di SD ternyata belum efektif pada hari pertama ini.

Banyak dari SD masih menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS bagi para murid. Sekolah memaparkan informasi seputar sekolah, tata tertib dan sistem pembelajaran di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal tidak menampik SD masih menggelar MPLS pada hari pertama sekolah. Padahal ada sekolah yang sudah menggelar MPLS sejak 11 Juli 2024 kemarin.

Jamal pun mengingatkan agar MPLS jangan terlalu lama digelar. "Hari ini memang SD masih menggelar MPLS. Kalau bisa besok paling lambat sudah tuntas pengenalan lingkungannya," ujarnya.



Dirinya menyadari untuk SD memang penyelenggaraan MPLS butuh waktu lebih panjang. Namun ia tetap mengingatkan sekolah agar para murid bisa segera belajar secara efektif. 

"Karena masih MPLS, selama dua hari ini anak-anak belajarnya belum efektif," kata Jamal.

Sementara itu untuk siswa SMP di Kota Pekanbaru sudah mulai belajar pada hari pertama sekolah. Ia menyebut SMP sudah menggelar MPLS pada akhir pekan kemarin. 

"Mereka menggelar MPLS pada akhir pekan kemarin, agar pada hari ini proses belajar mengajar sudah bisa dilakukan," tutupnya.