Resmi Diusung PKB, Abdul Wahid jadi Penantang Syamsuar di Pilgubri 2024

Abdul-Wahid8.jpg
(Bagus Pribadi/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) dukungan untuk Abdul Wahid maju sebagai Calon Gubernur Riau periode 2024-2029 di Pilgub Riau mendatang.

Hal ini dibenarkan sendiri oleh Abdul Wahid yang juga merupakan Ketua DPW PKB. Ia menjelaskan, dirinya diamanahkan oleh partai untuk menjadi calon gubernur, dan harus segera mencari wakil, serta menjalin koalisi bersama partai lain untuk memenuhi syarat 13 kursi menuju Pilgubri 2024.

"Sudah keluar (SK) dari DPP. Ini tentu modal bagi saya bersama partai koalisi lainnya dalam proses pencalonan di Pilgubri nanti," ujarnya, Selasa, 9 Juli 2024.

Dengan turunnya SK DPP PKB kepada Abdul Wahid untuk menjadi Calon Gubernur Riau, maka Anggota DPR RI periode 2019-2024 dan Anggota DPR RI periode 2024-2029 tersebut akan menjadi penantang pertama Syamsuar di panggung Pilgubri.



Pengamat Politik, Rawa El Amady mengatakan, pertarungan Pilgubri periode 2024-2029 diprediksi akan diikuti oleh 3 petarung.

Pasca Syamsuar yang telah diusung oleh Golkar dan Abdul Wahid yang diusung oleh PKB, Rawa mengatakan besar kemungkinan Edy Natar Nasution akan menjadi kandidat ketiga.

"Menurut saya, peta politik (Pilgubri) ini akan terbagi tiga kelompok nantinya. Ada dua kelompok partai besar dan kelompok Islam," jelasnya.

Sementara itu, Abdul Wahid mengatakan pihaknya tengah melakukan survei kedua yang akan selesai pada Agustus 2024. Hasil survei ini akan menjadi pertimbangan untuk menentukan calon pasangan dan strategi politik.

"Kita lihat saja nanti. Paling lambat awal Agustus hasil survey sudah keluar," pungkasnya.