Dukungan Turyono-Lilik Rahayu Lebihi Target, KPU Siak Cek Validasi Data

Turyono-Lilik-serahkan-berkas-dukungan.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak akan melakukan cek validasi data pendukung yang diserahkan pasangan Turyono-Lilik Rahayu.

Dukungan yang diperoleh Turyono-Lilik Rahayu yang maju secara independen sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Siak melebihi angka yang ditargetkan KPU.

Turyono-Lilik Rahayu menyerahkan data dukungan sebanyak 32.572, sedangkan target yang ditetapkan oleh KPU Siak sebanyak 27.698.

"Ya data pendukung yang diserahkan oleh balon Turyono-Lilik Rahayu melebihi target yang ditetapkan KPU Siak, untuk itu kita akan melakukan cek validasi data," terang Ketua KPU Siak, Said Darma Setiawan, Senin, 13 Mei 2024. 


Meski begitu, ia menegaskan bahwa cek validasi data sudah menjadi aturan dan tahapan yang harus dilaksanakan KPU Siak untuk bakal calon perseorangan, bukan hanya dikarenakan jumlah dukungan yang melebihi target KPU.

Berkas pendukung Turyono Lilik Rahayu diserahkan oleh Kristiyono, penghubung atau LO pasangan Turyono-Lilik, di Kantor KPU Kabupaten Siak pada Minggu 12 Mei 2024 sekira pukul 20.00, yang isaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Siak. 

Dukungan sebanyak 32.572 itu terdiri dari 10 kecamatan yaitu Minas, Dayun, Kerinci Kanan, Bungaraya, Koto Gasib, Kandis, Lubuk Dalam, Sabak Auh,  Mempura dan Pusako. 

Selanjutnya KPU Siak akan melakukan verifikasi administrasi terhadap data dan dokumen bakal calon bupati dan wakil bupati perseorangan Turyono-Lilik Rahayu. 

"Hingga memasuki masa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati bersama pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung oleh partai politik pada Agustus mendatang, masih ada sekitar 16 tahapan lagi yang harus dilalui oleh pasangan Turyono-Lilik Rahayu," tutup Said Darma.