Jalan Rusak di Pekanbaru Ancam Keselamatan Pengendara

Jalan-rusak-di-Pekanbaru-21.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ruas jalan rusak di Kota Pekanbaru menjadi ancaman bagi keselamatan masyarakat. Baru-baru ini seorang pengendara motor menjadi korban dan meninggal dunia akibat jalan berlubang di Jalan HR Soebrantas pada 27 Juni 2024.

Selain jalan berlubang, kondisi jalan Pekanbaru yang masih dalam tahap perbaikan dikhawatirkan bisa membahayakan pengendara yang melintas. 

"Maka kami mengimbau pengendara berhati-hati saat melintasi ruas jalan yang dalam kondisi pengerjaan dan akan dilakukan perbaikan jalan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso, Senin 1 Juli 2024.

Ia mengingatkan pengendara yang melintas agar bisa berhati-hati saat mengendarai kendaraan, terutama saat kondisi cuaca sedang hujan deras. Saat hujan, jalan rusak ataupun lubang pada jalan tertutup genangan air.

"Kami mengimbau pengendara mengurangi kecepatan kendaraan saat hujan deras," katanya mengingatkan.



Saat ini pemerintah kota bersinergi dengan Pemprov Riau melakukan perbaikan jalan rusak. Ruas jalan yang sudah selesai diperbaiki seperti Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Imam Bonjol, Jalan Ahmad Yani, Jalan M Yamin, Jalan Parit Indah, dan Jalan Adi Sucipto.

Saat ini, sebanyak 36 ruas jalan di Kota Pekanbaru sudah beralih kewenangannya ke Pemerintah Provinsi Riau. Di antaranya yakni, Jalan Arifin Achmad, Jalan Yos Sudarso, Jalan SM Amin, Jalan Tuanku Tambusai, Jalan Akses Siak IV.

Kemudian, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan HR Soebrantas, Jalan Simpang Pramuka-PT SIR, Jalan Sakti-Melati, Jalan Riau, Jalan Riau Ujung, Datuk Setia Maharaja, Jalan Pesantren.

Ada juga di Simpang Pesantren-Simpang Kayu Ara, Simpang Beringin-Maredan, Simpang Air Hitam-Sungai Sibam, Jalan Hangtuah, Jalan Iman Munandar, Simpang Hangtuah-Simpang Pesantren. Jalan Sisingamangaraja, Jalan Sultan Syarif Kasim, Jalan M Dahlan.

Selanjutnya, Jalan Diponegoro, Jalan Patimura, Jalan Gajah Mada, Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Ahmad Yani, Jalan M Yamin, Jalan Juanda, Jalan Adi Sucipto, Jalan Kartama, Jalan Teropong, Jalan Cipta Karya Ujung, Jalan Cipta Karya dan Jalan Imam Bonjol