Kesulitan Daftar Online, Calon Peserta Didik SD atau SMP Negeri Bisa Datang ke Sekolah

Ilustrasi-PPDB-Online3.jpg
(ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Calon peserta didik yang merasa kesulitan dengan sistem online dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 bisa datang ke sekolah untuk meminta bantuan operator.

"Masyarakat jangan takut, bagi yang tidak bisa daftar sendiri bisa datang ke sekolah," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Senin 17 Juni 2024.

Ia menyampaikan, orangtua calon peserta didik tidak perlu khawatir karena ada operator di sekolah yang bisa membantu. Dia juga mengingatkan agar mengikuti jalur pendaftaran yang ada.

PPDB berlangsung tiga hari sehingga ada pergerakan peringkat sesuai hasil pemetaan. Untuk mendaftar secara online, calon peserta didik mesti menyiapkan akun dan berkas persyaratan sesuai jalur PPDB. 



Calon peserta didik baru SMP bisa mendaftar di laman PPDB SMP Kota Pekanbaru pada 26 hingga 30 Juni 2024. Lalu untuk calon peserta didik SD bisa mendaftar di PPDB SD Kota Pekanbaru 1 hingga 4 Juli 2024.

Jamal menyebut calon peserta didik baru melakukan login dengan menggunakan akun peserta didik. Selanjutnya, mereka bisa mengunggah dokumen asli persyaratan sesuai jalur yang dipilih dengan memilih sekolah tujuan.

Operator nantinya melakukan verifikasi dan validasi dokumen yang diunggah oleh calon peserta didik baru. Nantinya calon peserta didik baru mencetak bukti pendaftaran dengan syarat semua dokumen asli telah selesai diverifikasi atau diterima oleh operator.

Jamal mengatakan, calon peserta didik baru dapat memantau jurnal dan hasil sementara PPDB secara berkala pada laman sistem aplikasi PPDB. Pengumuman hasil PPDB diumumkan pada 2 Juli 2024 untuk SMP negeri dan pada 6 Juli 2024 untuk SD negeri.