Pemko Pekanbaru Siapkan Posko Jelang Pilkada 2024

Ilustrasi-Pilkada1.jpg
(Liputan6.com/Yoshiro)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru sudah melakukan persiapan jelang Pilkada serentak 2024. Pemko juga akan melakukan penguatan pendidikan politik kepada masyarakat jelang Pilkada.

Hal ini dibenarkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Masykur Tarmizi, Kamis 13 Juni 2024.

"Kami juga akan segera menyiapkan posko untuk desk Pilkada," kata Masykur. 

Masykur menyampaikan, seluruh jajaran Pemko Pekanbaru diminta menyamakan persepsi jelang pelaksanaan Pilkada. Hal tersebut sesuai imbauan Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa.

Risnandar mengatakan, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) juga diminta untuk netral dalam Pilkada nanti.



"Pemko bersikap netral dalam Pilkada. Saya minta seluruh jajaran pemko bisa memahami regulasi yang ada," kata Risnandar.

Dalam persiapannya, pemerintah kota juga bersinergi dengan Bawaslu dalam penyelenggaraan Pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang. Mereka sudah membentuk tim dalam kesiapan penyelenggaraan Pilkada. 

"Saya siap menindaklanjuti masukan dari Bawaslu. Mereka masih ada keterbatasan sarana dan prasarana," ujar Risnandar.

Dirinya bersama jajaran pejabat pemko telah melakukan pertemuan dengan Ketua dan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin kemarin. Pertemuan itu membahas persiapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024.

"Kami percaya teman-teman KPU dan Bawaslu sudah mempersiapkan Pilkada ini dengan matang. Target utama kita yakni tidak ada gugatan dan pemungutan suara ulang," tutupnya.