Sumatera Blackout 2 Hari, Kementerian ESDM Klaim Sudah Hampir Pulih

Ilustrasi-Trafo-Listrik.jpg
(Foto: ANTARA FOTO/Jojon)

RIAU ONLINE - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  menyebut pemadaman listrik atau blackout di Sumatera sejak Selasa, 4 Juni 2024 lalu  sudah hampir pulih.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan  Kementerian ESDM Jisman Hutajulu, menanggapi pemadaman listrik di Sumatera akibat gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuklinggau-Lahat yang terjadi pada Selasa, 4 Juni 2024 lalu.

“Saya sudah dapat informasi, sekarang sudah hampir semuanya pulih. Mudah-mudahan,” kata Jisman, dikutip dari Antara, Rabu, 5 Juni 2024.

Jisman mengatakan, kondisi listrik sudah hampir pulih total. Selain itu, menurut Jisman, relay (yang berfungsi untuk mengendalikan aliran listrik) bekerja dengan baik, sehingga ketika terdapat gangguan, aliran listrik pun terputus.


“Relay-nya bekerja untuk memadamkan, itu intinya,” ujarnya.

Jisman mengaku mendapatkan informasi yang lengkap mengenai apa yang menyebabkan gangguan listrik tersebut. Pihaknya juga meminta kepada PLN untuk melakukan mitigasi agar kedepannya kejadian blackout itu tidak terulang.

“Harus diinvestigasi. Harus diaudit itu. Jangan terulang lagi, itu juga perintah dari Pak Menteri,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Manajer Komunikasi dan TJSL Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu Iwan Arissetyadhi mengatakan bahwa PT PLN (Persero) mengerahkan 130 personel untuk memperbaiki gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuklinggau-Lahat, yang berdampak pada sistem kelistrikan di wilayah kerja Sumatera Selatan, Jambi, hingga Bengkulu.

"Kami tengah bergerak cepat mengatasi gangguan kelistrikan yang terjadi pada sejumlah jaringan transmisi di Pulau Sumatera dengan mengerahkan 130 personel gabungan," kata Iwan. (ANTARA)