1.200 Personel Gabungan Bakal Siap Jaga Keamanan Presiden Jokowi di Riau

jokowi91.jpg
([YouTube Sekretariat Presiden])

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Personel gabungan sebanyak 1.200 orang dikerahkan untuk pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Riau. Presiden Jokowi dijadwalkan bakal berada di Riau pada Jumat, 31 Mei - Sabtu, 1 Juni 2024 mendatang.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, mengatakan ribuan personel gabungan itu terdiri dari Polri, TNI, serta Satpol PP. Pengamanan dilaksanakan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman, selain memastikan kesiapan sejumlah objek yang dikunjungi Presiden.

"Saya menyampaikan insya Allah kita sudah sangat siap. Presiden juga akan memimpin upacara Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni 2024 di Kota Dumai," kata Irjen Iqbal, Kamis, 30 Mei 2024.

Presiden Jokowi di Riau diagendakan akan melakukan peresmian Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar. Kemudian, meninjau pusat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru.



Iqbal berharap rangkaian kegiatan Presiden Jokowi di Riau berjalan aman dan sesuai rencana. Ia pun meminta seluruh personel bertugas sesuai standar prosedur operasional.

"Kita harus teladan melaksanakan jaminan keamanan. Laksanakan betul apa yang sudah diatur dalam SOP, sehingga seluruh rangkaian Presiden RI berjalan dengan aman, tertib, dan lancar," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengatakan, semua jalur yang nantinya dilintasi presiden akan disterilkan. Baik dari pedagang kaki lima (PKL), pak ogah, maupun gelandangan dan pengemis (gepeng).

"Kita harus mengamankan jalur-jalur protokol baik dari pedagang maupun pak ogah. Kita tidak ingin Kota Pekanbaru terlihat tidak terurus, tidak tertib dengan keberdaan pak ogah dimana-mana, PKL dan juga pengemis," ucapnya.(ANTARA)