Hindari Kelebihan Muatan, Pengelola Kapal Sisakan Kursi

Arus-Mudik-2024-di-Pelabuhan-Sungai-Duku.jpg
(RIAU ONLINE/LARAS OLIVIA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Arus mudik di Pelabuhan Sungai Duku, Jalan Tanjung Datuk, Pekanbaru, dengan tujuan Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, mulai mencapai puncaknya.

Seorang penumpang, Sarwan mengatakan, tahun ini ia mudik ke kampung halaman di Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Tahun ini mudik sama istri ke Selat Panjang, usai dapat libur cuti lebaran tahun ini. Untuk tiket berdua kami bayar Rp 500 ribu, total untuk pulang pergi naik kapal ada Rp 1 juta,” kata Sarwan, Minggu, 7 April 2024.

Pengelola Pelabuhan Sungai Duku mencatat rata-rata kenaikan penumpang jelang lebaran mencapai 300 persen dari hari biasanya. Walau demikian, keselamatan penumpang tetap jadi prioritas.

Caranya, pengelola kapal cepat menjalankan kebijakan telah diterapkan dinas dan para pihak terkait. Kapal akan berlayar diwajibkan memberikan ruang (space) dengan cara menyisakan sejumlah tempat duduk kosong untuk mengantisipasi kapal tidak kelebihan kapasitas (over capacity) dan muatan beban.


Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal meninjau dan berinteraksi langsung dengan pemudik dan kru kapal di Pelabuhan Sungai Duku. "Kami ingin memastikan apakah faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi seluruh penumpang menjadi prioritas utama," ungkap Irjen Iqbal.

Alumni Akpol 1991 ini menceritakan, ia mengecek dan berdialog dengan kru dan penumpang. Manifest penumpang, tuturnya, ada 103 orang, sementara daya tampung kapal 108 penumpang.

 

"Alhamdulillah, ada 5 kursi yang dikosongkan. Ini sama sekali tidak over capacity bahkan dikosongkan karena faktor keselamatan. Artinya pesan kami sampai, jangan mendahulukan benefit, sekali lagi prioritas utamanya adalah mendahulukan faktor keselamatan," pintanya usai berbincang-bincang dengan penumpang di dalam kapal cepat Nagaline tujuan Selat Panjang.

Ia mendoakan agar seluruh penumpang selamat sampai tujuan. "Semoga selamat sampai tujuan. Alhamdulillah semua kesiapan sudah baik, pelampung cukup, semoga nyaman, sekali lagi swmoga selamat sampai di tujuan," harapnya.