Pengganti Pj Wako Pekanbaru Masih Teka-teki, ASN Diminta Tetap Fokus Kerja

Ilustrasi-ASN6.jpg
(kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masa jabatan Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun bakal berakhir, Rabu 22 Mei 2024 besok. Namun hingga kini belum dipastikan nama pengganti Pj wali kota berikutnya.

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Pekanbaru pun diminta tetap bekerja seperti biasa walaupun ada pergantian Pj wali kota. ASN diperintahkan agar tetap fokus pada tugas tanpa terpengaruh oleh ketidakpastian kepemimpinan.

"Kinerja ASN tidak boleh terpengaruh oleh perubahan kepemimpinan. Meski belum ada kepastian terkait siapa yang akan mengisi posisi Pj wali kota berikutnya," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa, 21 Mei 2024

Pemko Pekanbaru menegaskan akan tetap menjaga stabilitas pemerintahan dan layanan kepada masyarakat. Keputusan pemimpin Pekanbaru berikutnya menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri.



"Tak ada penurunan kinerja, semua pegawai itu tetap bekerja apapun kondisinya. Tidak ada pengaruhnya," ucap Indra Pomi. 

Untuk diketahui, Muflihun telah menjalankan tugasnya sebagai Pj wali kota Pekanbaru selama dua tahun. Ia dipercaya pemerintah pusat untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut sejak 23 Mei 2022.

Sementara, Pj Wali Kota Pekanbaru yang terpilih, rencananya akan dilantik dalam waktu dekat ini. Proses persiapan pelantikan bakal dilakukan setelah salinan Surat Keputusan diterima dari Pemerintah Pusat.

Namun, jika surat salinan penunjukan penjabat Wali Kota Pekanbaru belum turun sampai akhir masa jabatan, maka akan ditunjuk Pelaksana Harian (Plh) guna mengantisipasi kekosongan di pemerintahan.