Cuaca Ekstrem, Pekanbaru Segera Ditetapkan Status Bencana Hidrometeorologi

Banjir-Pekanbaru18.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Cuaca ekstrem dan banjir masih melanda Kota Pekanbaru. Pemerintah kota pun berencana tetapkan status siaga Bencana Hidrometeorologi.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Chandra mengatakan, pihaknya masih memantau perkembangan cuaca guna menentukan status siaga Bencana Hidrometeorologi.

 

"Kalau untuk status, kita wait and see ya, karena kita lihat sendiri memang cuaca ekstrem. Kita lihat siang hari dihadapkan panas, kemudian malam kadang hujan," kata Zarman, Rabu 20 Desember 2023.

 

Zarman menyebut, saat ini pihaknya masih menunggu informasi dari BMKG terkait bagaimana situasinya. Pihaknya juga akan melakukan rapat finalisasi penetapan status Pekanbaru kedepannya.

 

Lebih jauh ia menyampaikan, untuk penatapan status ini, pihaknya melihat kondisi dari cuaca itu sendiri. Perubahan cuaca saat ini tidak menentu, karena cuaca panas bisa seketika berubah menjadi hujan.


 

"Jadi mungkin kita akan tetapkan status siaga hidrometeorologi," paparnya.

 

Pihaknya juga terus mengimbau kepada masyarakat yang berada di lokasi rawan bencana untuk tetap siaga, apalagi bagi yang tinggal di sekitar bantaran sungai.

 

Masyarakat bisa mengamankan barang berharga ke tempat yang lebih aman agar tidak tergenang saat banjir.

 

"Kita akan tetap melakukan upaya kesiapsiagaan ke masyarakat khususnya di Pekanbaru yang daerahnya bermukim dekat dengan daerah aliran sungai," pungkasnya.