Pembangunan di Lahan Bekas Gedung MPP Terbakar Bakal Berkonsep Melayu Modern

Lahan-bekas-MPP-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bekas bangunan gedung utama Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru yang terbakar pada Maret 2023 lalu kini sudah rata dengan tanah. Proses pembongkaran pun sudah tuntas dilakukan.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, saat ini tengah dilakukan penyesuaian desain untuk kawasan MPP tersebut. Mereka melakukan penyusunan dengan masterplan.

"Nanti masterplan disusun konsultannya PUPR, setelah itu akan kita coba konsultasi publik dengan masyarakat serta seluruh elemen yang ada di pekanbaru ini," katanya.

Terkait konsep bangunan yang akan dibangun nantinya, dirinya menyebut akan menggunakan nuansa Melayu dengan konsep modern. Rancangan pembangunan juga mesti dilengkapi dengan aspek pengamanan gedung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah mengatakan, pembangunan saat ini belum bisa terlaksana lantaran kondisi keuangan daerah belum memungkinkan.


Terkait rencana pembangunan kembali gedung utama MPP Pekanbaru, pemerintah kota berharap nantinya ada kucuran anggaran dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Riau.

Pemerintah kota juga berharap ada kucuran anggaran dari APBN. Ia mengaku bakal mematangkan perencanaan pembangunan gedung baru di Komplek MPP Pekanbaru yang sedang berjalan.

"Kita berharap nanti dengan bankeu APBN bisa dilaksanakan, tapi yang jelas kita mematangkan terhadap perencanaan yang sedang berjalan. Karena uangnya lumayan juga, jadi kita belum tahu kebutuhan keuangan berapa, untuk sementara dibersihkan dan dikosongkan," paparnya.

Dirinya menambahkan bahwa perencanaan awal nantinya gedung baru MPP bakal terintegrasi dengan ruang publik atau ruang terbuka hijau. Rencana ini yang bakal dibahas dalam forum diskusi publik nanti.

"Nanti akan ada FGD terkait perencanaan. Mungkin akan menjadi bangunan terpadu, gedung MPP dengan gedung layanan publik, apakah dengan RTH, masih pra perencanaan, akan tetap gedung MPP yang dikombain dengan RTH atau alun alun, ini sambil berjalan," tutupnya.

Saat ini dari tiga gedung layanan di Komplek MPP Pekanbaru hanya dua yang berfungsi. Satu gedung Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pekanbaru. Gedung lainnya yakni Gedung C MPP untuk layanan perizinan dan non perizinan.