NPHD Sudah Diteken, Bawaslu Riau Terima Hibah Pemilukada 2024 Rp 31 Miliar

Ilustrasi-Bawaslu3.jpg
(Dok. Bawaslu)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau menerima anggaran hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sebesar Rp 31 miliar untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2024. 

Hal ini sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pendanaan Kegiatan Pemilukada Tahun 2024, yang ditandatangani antara Bawaslu Provinsi Riau dan Pemprov Riau, Senin 13 November 2023 kemarin.

"Benar, kita sudah melakukan penandatanganan NPHD Pendanaan Pemilukada Riau 2024. Anggarannya sebesar Rp 31 miliar sekian," ujar Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal, Selasa 14 November 2023.

Selain Bawaslu Provinsi Riau, Pemprov Riau melaksanakan penandatanganan NPHD Pendanaan Pemilukada Riau bersama KPU Riau. KPU Riau mendapatkan dana berkisar Rp 133 miliar. 


Total anggaran yang dikucurkan oleh Pemprov Riau untuk Pemilukada 2024 adalah sebesar Rp 164 miliar. Anggaran ini akan digunakan untuk pelaksanaan Pilgub 2024 mendatang. 

"Hari ini Pemprov Riau sudah melakukan penandatanganan NPHD Pendanaan Pemilukada 2024. Dana hibahnya juga sudah kita salurkan dengan nilai total Rp 164 miliar," ujar Kepala Kesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting.

Menurutnya, anggaran ini kemudian menjadi kewenangan bagi KPU dan Bawaslu untuk mengolahnya sesuai dengan peruntukannya dan berdasarkan aturan yang berlaku. 

"Imbauan kita, KPU dan Bawaslu Provinsi Riau dapat menggelar Pilkada 2024 dengan baik, aman, kondusif, dan lancar di Provinsi Riau," pungkasnya.