Riau Sabet Juara 2 Cabor Catur Kategori Beregu, Ini Daftar Pemenangnya

Pemenang-Cabor-Catur.jpg
(Anisa/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Cabang olahraga (cabor) catur Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI 2023 sudah memasuki babak final. Ini  menjadi penentuan bagi peserta yang lolos untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) hingga peserta yang masuk ke play off dengan nomor catur standar di Ballroom Hotel Aryaduta, Kota Pekanbaru.  

Peserta yang lolos mengikuti PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 ialah Maksum Firdaus dari Sumatera Selatan dari kategori perorangan. Sementara dari kategori beregu dari Provinsi Jambi yang berhasil lolos PON. Sedangkan Provinsi Riau hanya mampu meraih juara 2 kategori beregu dan berhasil masuk ke play off.

Wasit Ketua Cabang Satu dari Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), Herman Kurniadi mengungkapkan pertandingan catur kilat, catur cepat dan catur standar yang merupakan salah satu seleksi Pra PON sudah berjalan lancar tanpa ada protes. Sehingga, penutupan berlangsung gembira sebab 8 provinsi yang mengikuti cabor ini semuanya mendapatkan medali.

"Memang semua mendapatkan medali tetapi yang lolos untuk PON hanya juara 1, baik itu perorangan putra maupun regu putra. Sedangkan juara 2 dan 3 baik perorangan atau beregu mereka masuk ke play off, yang insyaallah akan diadakan di Bandung pada  tanggal 24 November hingga 1 Desember, kenapa di Bandung, sebab Bandung yang siap jadi tuan rumah,"  ujarnya saat diwawancarai RIAU ONLINE, Sabtu 11 November 2023.

Ia mengungkapkan, pada pertandingan yang digelar di Bandung nanti ada 2 kategori yaitu pemain dari play off dan seleksi langsung untuk pemain catur putri. Sebab pemain catur putri tidak melalui Pra PON dan akan langsung diambil 8 Besar dari 8 Provinsi.

"Untuk kategori putra yang masuk ke play off nantinya hanya diambil juara 1 dan 2, sehingga jika ada yang lolos mereka bisa mengikuti PON dan bergabung dengan peserta yang sudah lolos dari Porwil ini," jelasnya.

Menurutnya, suasana pertandingan sampai hari terakhir tetap aman dan kondusif dengan fasilitas yang mewah. Dalam artian fasilitas yang standarnya bukan nasional lagi, tetapi standar internasional baik segi tempat, meja, kursi serta tempat pertandingan papan catur.

"Jadi harapan kedepannya di Porwil yang akan datang minimal ruangan dan fasilitasnya sama  seperti ini. Tapi kita kan belum tahu siapa yang bakal jadi tuan rumah Porwil nanti, karena Porwil ini hanya 4 tahun sekali. Sehingga untuk Porwil selanjutnya diusahakan sama seperti ini baik fasilitas atau ruangan. Kalaupun lebih bagus lagi ya alhamdulillah, sebab kalau tempatnya sesuai maka semua akan merasa nyaman," pungkasnya.

Terakhir, Cabang olahraga (Cabor) catur Pekan olahraga wilayah (Porwil) Sumatera XI 2023 ditutup dengan Upacara Penghormatan Pemenang (UPP) serta pengumuman peserta yang berhasil lolos PON dan Play Off dan diiringi dengan pemberian medali.

Berikut kategori perorangan lolos PON dan Play off.

Juara 1: Maksum Firdaus dari Sumatera Selatan (Lolos PON)

Juara 2: Adly Juandra dari Bengkulu (Lanjut Play Off)

Juara 3: Ruby Tamono dari Sumatera Barat (Lanjut Play Off)


Kategori per regu yang lolos PON dan Play Off.

Juara 1: Jambi (Lolos PON)

Juara 2: Riau  (Lanjut Play Off)

Juara 3: Sumatera Barat (Lanjut Play Off)

Kategori Papan 1

Juara 1: Surya Setiawan dari Sumatra selatan (Emas)

Juara 2: Izhar Bafadhal dari Jambi (Perak)

Juara 3: Rian Kapriaga dari Bangka Belitung (Perunggu)

Kategori Papan 2

Juara 1: Hamdan Yelpi dari  Kepulauan Riau (Emas)

Juara 2: Nelson Roganda dari Riau (Perak)

Juara 3: Agung  Afp dari Sumatera Barat (Perunggu)

Kategori Papan 3 

Juara 1: Hardian Anwar dari Riau (Emas)

Juara 2: Reymon Ronaldo dari Bengkulu (Perak)

Juara 3: Yoan Doni dari Lampung (Perunggu)

Kategori Papan 4 

Juara 1: Arif Rahman Saragih dari Jambi (Emas)

Juara 2: Achmad Bahtiar dari Riau (Perak)

Juara 3: Andriyan dari Bangka Belitung (Perunggu)

Artikel ini ditulis Anisa, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE