Beasiswa Tahap II Bagi Mahasiswa di Pekanbaru Dicairkan Sebelum Akhir Tahun

Ilustrasi-Beasiswa2.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu segera menerima bantuan beasiswa tahap II dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Penyaluran beasiswa rencananya diserahkan sebelum akhir tahun 2023.

Bantuan beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa untuk jenjang pendidikan Strata 1 (S1) sebesar Rp 4 juta. Ada juga beasiswa bagi Diploma III (D-III) diberikan sebesar Rp 3 juta.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setdako Pekanbaru Tri Sepna Saputra mengatakan bahwa penyaluran beasiswa tersebut masih menunggu proses pemakaian APBD Perubahan 2023.

"Namun yang jelas, sebelum akhir tahun ini sudah dibayarkan, karena anggarannya sudah tersedia di APBD-P," ujar Putra, Senin 6 November 2023.

Ia menyampaikan, bantuan beasiswa tahap dua merupakan bentuk komitmen Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, guna membantu biaya pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dan dari keluarga kurang mampu.


Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menganggarkan kembali beasiswa pada APBD Perubahan lataran pada APBD murni 2023 beasiswa tersebut tidak terakomodir seluruhnya.

"Jadi karena di APBD murni tidak terakomodir semua, makanya dimasukan ke APBD-P sesuai arahan bapak Pj wali kota. Jadi, di APBD-P ini khusus membayar kekurangan kemarin," jelasnya.

Pemko Pekanbaru baru mengakomodir 488 mahasiswa pada APBD 2023. Total ada 1.200 mahasiswa yang mendaftar beasiswa Pemko Pekanbaru tersebut.

Ada 615 orang yang memenuhi persyaratan dari ribuan pendaftar. Namun dari mereka yang memenuhi syarat baru 488 mahasiswa yang terakomodir oleh Pemko Pekanbaru.

Sementara sisanya dianggarkan pada APBD Perubahan 2023. Muflihun berjanji akan menyiapkan anggaran di APBD-Perubahan 2023 agar mahasiswa yang belum terakomodir juga bisa mendapatkan bantuan beasiswa yang sama.