Lambang Provinsi Riau Memiliki Makna Mendalam, Ini Penjelasannya

Lambang-Riau.jpg
(Wikipedia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Riau merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di pantai timur pulau Sumatra bagian tengah. Wilayah pesisirnya berbatasan dengan Selat Malaka. Ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Riau adalah Pekanbaru dan kota Dumai.

Provinsi Riau juga merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia dan sumber dayanya didominasi oleh sumber alam, terutama minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat.

Sebagai identitas daerah, Provinsi Riau memilih tanaman nibung (Oncosperma tigillarium) dan burung serindit (Loriculus galgulus) sebagai maskot daerah Provinsi Riau. Sehingga keduanya dipilih untuk mewakili Provinsi Riau karena memiliki kedekatan tersendiri dengan masyarakat Riau.

Tanaman nibung mempunyai nilai manfaat yang tinggi bagi kehidupan masyarakat Riau, sedangkan untuk burung serindit lekat dengan mitos dan tradisi masyarakat tradisional Provinsi Riau.

Dilansir dari berbagai sumber, Lambang atau logo Provinsi Riau yang berbentuk perisai dan terbagi atas empat bagian simbol. Setiap bagian memiliki arti dan makna yang sangat mendalam bagi masyarakat Provinsi Riau. Berikut makna setiap simbol yang ada didalam logo Provinsi Riau.

1. Warna Lambang


Warna utama yang dipakai untuk logo ialah warna hijau, kuning dan putih disamping sedikit memakai warna hitam dan merah.

2. Arti di Setiap Simbol pada Lambang

Lambang Daerah Provinsi Riau yang terdiri dari beberapa bagian yang mempunyai arti :

*Mata rantai yang tidak terputus dan berjumlah 45 melambangkan persatuan bangsa dan diproklamirkan pada tahun 1945, yaitu tahun Proklamasi Republik Indonesia.

*Padi dan kapas bermakna kemakmuran (sandang pangan), Padi 17 butir dan 8 Bunga Kapas mengingat pada tanggal Proklamasi 17 bulan 8 (Agustus).

*Lancang kuning (perahu layar) dengan taut yang bergelombang lima. Lancang kuning mengandung arti kebesaran rakyat Provinsi Riau, sedangkan sogok Lancang berkepala ikan melambangkan bahwa Riau menghasilkan ikan yang berlimpah dan mempunyai sumber-sumber penghidupan dari laut. Gelombang lima lapis melambangkan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

*Keris berhulu Kepala Burung Serindit melambangkan Kepahlawanan Rakyat Riau berdasarkan pada kebijaksanaan dan kebenaran.

Artikel ini ditulis Annisa Alzikri peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE