Anggaran Perbaikan SDN 83 Pekanbaru yang Terbakar Capai Rp 1 Miliar

Kebakaran47.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 83 Pekanbaru segera diperbaiki pasca kebakaran ada pekan kemarin. Pembangunan kembali sekolah di Jalan Pontianak diperkirakan bakal menelan anggaran mencapai Rp 1 miliar.

"Sekitar Rp 1 miliar untuk pembangunan kembali. Sementara kebutuhan anggaran untuk bagian atas mencapai Rp 500 juta," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Senin 23 Oktober 2023.

 

Ia menuturkan bahwa saat ini konsultan sedang menghitung kebutuhan anggaran perbaikan sekolah tersebut. Bangunan sekolah bakal dirubuhkan karena sebagian besar sudah terbakar dari bawah.

 

"Kita turunkan konsultan untuk menghitung kebutuhan anggaran, berapa total kebutuhannya. Itu sedang dihitung," jelasnya.

 

Dirinya menyebut bahwa perbaikan meliputi ruang kelas bagian atas yakni atap, plafon dan jaringan listrik. Empat kelas itu berada di bangunan dua lantai. Ada dua kelas di atas dan dua kelas di bagian bawah.

 


"Itu untuk membangun empat kelas yang habis terbakar dan perbaikan bagian atas," ujarnya.

 

Pihaknya berencana menggunakan anggaran dari Belanja Tidak Tetap (BTT) APBD Kota Pekanbaru tahun 2023. Jamal menargetkan proses pembangunan bisa dilakukan pada tahun ini.

 

"Nanti kita pakai BTT, itu sesuai arahan pak wali. Kalau BTT bisa kita tuntaskan dalam beberpa bulan ini," jelasnya.

 

Para murid SDN 83 Pekanbaru saat ini masih menumpang belajar sementara di tiga SDN. Sekolah itu yakni SDN 29 Pekanbaru, SDN 66 Pekanbaru dan SDN 67 Pekanbaru.