Masuk Musim Panas, Masyarakat Pekanbaru Waspadai Ancaman Kemarau

Ilustrasi-kemarau.jpg
(Foto: Shutter Stock via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Cuaca di Kota Pekanbaru selama sepekan panas, meski pekan sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi sempat mengguyur. Kondisi ini terjadi karena diprediksi bakal memasuki musim panas.

"Cuaca panas selama satu pekan ini, kemungkinan September ini sudah memasuki musim panas," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, Minggu 17 September 2023.

Pihaknya berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui kondisi terkini cuaca di Kota Pekanbaru. Masyarakat di Kota Pekanbaru diimbau mesti waspada ancaman kemarau.

Zarman menyebut, untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan pihaknya menggandeng Masyarakat Peduli Api Bertuah (MPAB). "Nantinya ada yang membantu BPBD dalam mencegah kebakaran lahan meluas, terutama di wilayah rawan kebakaran lahan," paparnya. 


Lebih jauh ia memaparkan, saat ini luas lahan yang terbakar mencapai puluhan hektar selama hampir sembilan bulan. Total luas lahan yang terbakar sejak Januari 2023 lalu mencapai 37 hektar.

Pihaknya pun bahu-membahu dengan instansi terkait untuk melakukan upaya pemadaman. Mereka melakukan koordinasi dengan TNI, Polri hingga Manggala Agni.

"Kami terus mengingatkan agar masyarakat tidak membuka lahan dengan masyarakat," pungkasnya.