Tumpukan Sampah di Pekanbaru Sudah Jadi Pemandangan yang Biasa

Tumpukan-Sampah30.jpg
(Riau Online/Novrika Sona Rohana)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masalah tumpukan sampah masih menjadi isu krusial yang mengancam keberlanjutan lingkungan dan kesehatan masyarakat di Pekanbaru.

Terlihat di Jalan HR Soebrantas, tepatnya depan Kantor Riau Televisi, tumpukan sampah bagaikan pemandangan lumrah setiap hari. Tumpukan sampah tersebut disebabkan karena kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan.

Kiki yang kesehariannya berdagang es di pinggir jalan tersebut, mengatakan, tumpukan sampah yang berada di depan Kantor Riau Televisi itu sudah dibentuk lebih dari setahun, dan sudah menjadi penumpukan permanen

"Saya berjualan disini udah lebih setahun, dan tempat tumpukan sampah itu udah ada disini," ujarnya, Sabtu 14 Oktober 2023

Menurutnya, tumpukan sampah itu terbentuk, karena ulah masyarakat yang membuang sampah sembarangan, sehingga menjadi kebiasaan meletakkan sampah di pinggir jalan tersebut.

"Awalnya itu karna ulah satu orang yang meletakkan sampah disitu, jadi yang lainnya pada ngikut, lama kelamaan jadi tempat tumpukan sampah permanen," jelasnya.


Meliana pengendara yang sering melintasi jalan tersebut, membenarkan tumpukan sampah itu sudah ada sejak lama.

"Tumpukan sampah itu udah ada sejak lama, saya sering lewat sini dan melihat selalu ada sampah disitu, baunya sangat menyengat sampai ke pinggir jalan, memang terlihat sedikit, tapi baunya sangat tidak enak," pungkasnya.

Artikel ini ditulis Novrika Sona Rohana peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE