Murid TK Jadi Petugas Damkar Dadakan di Pekanbaru

Anak-TK-jadi-Damkar.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) biasanya dilakukan oleh orang dewasa. Kali ini, murid TK Anugrah ikut berjibaku layaknya petugas damkar dewasa. 

Mereka ikut memegangi selang air dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) layaknya orang yang sedang bertugas memadamkan kebakaran. 

Ternyata, TK Anugrah melakukan kunjungan ke Damkar Kota Pekanbaru untuk memberikan edukasi kepada anak-anak tentang profesi petugas Damkar.

Dalam kunjungan tersebut, siswa-siswa diberikan penjelasan mengenai bahaya bermain api dan diberikan pemahaman tentang tugas petugas Damkar ketika kebakaran terjadi.

Staf bidang pelatihan untuk anak-anak usia dini tentang bahaya api dan kebakaran Damkar Pekanbaru mengatakan, Evrita Ardi menyatakan pihaknya rutin menerima kunjungan edukasi untuk murid lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK.



Evrita menambahkan, selama kunjungan, murid-murid TK mendapat materi tentang profesi seorang pemadam kebakaran dan seluruh peralatan yang digunakan saat menjalankan tugasnya. 

Selain itu, anak-anak juga difasilitasi menggunakan baju Damkar cilik, naik mobil pemadam, dan menyemprot air  dengan selang mobil Damkar. 

"Edukasi ini terus kami lakukan sebagai bagian dari upaya pengenalan dini pencegahan kebakaran kepada murid-murid TK," ujar Evrita, Rabu, 20 September 2023.

Sementara itu Kepala Sekolah TK Anugrah Salmia mengatakan kunjungan ke Kantor Damkar Pekanbaru ini dalam rangka mengenalkan sejak dini kepada para anak didiknya profesi petugas pemadam kebakaran, sekaligus mengetahui bahaya dari kebakaran. 

"Tujuannya biar murid-murid tahu dengan tugas tim Damkar, apa saja yang dilakukan, bagaimana cara menghubungi apabila terjadi kebakaran. Dan peralatan apa saja yang mereka miliki," katanya.

"Diharapkan sejak dini kita memberikan edukasi langsung dari pihak Damkar, sehingga anak-anak akan tahu bahaya api dan bagaimana penanganan saat kondisi darurat apabila terjadi kebakaran,” tutup Salmia.