Tingkatkan Kesehatan Mental Remaja, FKP Unri Gelar Pendidikan dan Pelatihan

Fakultas-Keperawatan-Unri.jpg
(HO Via Riauonline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tim dari Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD) Fakultas Keperawatan Universitas Riau menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Kesehatan Mental Remaja dan Pelatihan Determinasi Diri Remaja.

Kegiatan ini dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Umban Sari, Kecamatan Rumbai, tepatnya di RW 11, Kelurahan Sri Meranti Kota Pekanbaru, yang juga merupakan lahan praktik mahasiswa profesi Fakultas Keperawatan UNRI, Jumat, 13 Oktober 2023.

Ketua Pengabdian Masyarakat, Veny Elita, mengungkapkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan pentingnya kesehatan mental kepada remaja serta melatih remaja mengenali potensi diri yang dimilikinya, mengubah perilaku negatif dan kelak dapat meraih cita-cita di masa depan.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi kasus kenakalan remaja dan meningkatnya kesadaran remaja terhadap potensi dini yang positif," ujar Veny.

Kegiatan ini terdiri dari 3 bagian, yaitu adalah pemberian materi tentang konsep kesehatan mental remaja dan determinasi diri, kemudian latihan determinasi diri.


Sebelum kegiatan dimulai, 30 peserta diminta mengisi lembar pretest tentang kesehatan mental dan determinasi diri. Pada sesi akhir, peserta kembali diminta mengisi lembar posttest.

"Diharapkan, hasil evaluasi pelatihan determinasi diri ini, seluruh remaja dapat mengenal potensi dirinya, mampu mengungkapkan kelebihan dan kekurangan serta berkomitmen untuk merubah perilaku negatif menjadi perilaku positif untuk membantu mencapai cita-cita yang diharapkan," harapnya.

Beberapa peserta pelatihan mengungkapkan perasaan senang dengan mengikuti pelatihan ini sehingga bisa belajar menjadi remaja yang lebih baik lagi.

Perwakilan dari RW di Kelurahan Sri Meranti mengungkapkan terima kasih atas kegiatan yang diberikan untuk

"Harapannya remaja memiliki ilmu baru dan dapat memaksimalkan perkembangannya dengan baik serta tidak terjerum kepada kenakalan remaja. Pihak Kelurahan juga berharap kegiatan baik ini dapat berlangsung secara terus menerus," tutupnya.