Udara di Pekanbaru Tidak Sehat, Kelompok Rentan Kurangi Aktivitas Luar Ruangan

Nenek-nenek-pawai.jpg
(Hendra Dedafta/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kabut asap masih melanda Kota Pekanbaru, Selasa 3 Oktober 2023. Data dari ISPU Net Kementerian LHK mencatat kondisi Kota Pekanbaru ada di level kuning yang merupakan peringatan bahwa kualitas udara kota ini tidak sehat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengingatkan agar masyarakat kelompok rentan bisa mengurangi aktivitas di luar rumah. Masyarakat yang kelompok rentan yaitu bayi, balita, ibu hamil dan lansia.

 

"Sebisa mungkin agar berada di rumah saja atau dalam ruangan," jelasnya.

 

Dirinya mengingatkan masyarakat yang keluar rumah agar tetap mengenakan masker. Penggunaan masker tentu bisa mencegah dampak kabut asap terhadap kondisi kesehatan.

 

Muflihun juga mengajak masyarakat untuk menjaga kebugaran tubuh. Satu caranya dengan rutin minum air putih agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah dehidrasi.


 

Hal senada disampaikan, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution. Ia pun mengimbau agar masyarakat mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

 

"Jangan terlalu banyak aktivitas di luar rumah, kenakan masker agar terhindar ISPA," paparnya.

 

Dirinya juga mengingatkan masyarakat agar tidak memicu kebakaran lahan dengan membuka lahan dengan cara membakar. Ia menilai kebakaran di wilayah Kota Pekanbaru sekitarnya masih bisa terjadi kebakaran lahan.

 

"Jangan buka lahan dengan membakar, baik di ladang maupun lahan. Mudah-mudahan yang di kabupaten juga menjaga ini, jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah masing-masing," tutupnya.