Jorok, Drainase Pasar Pagi Arengka Dipenuhi Sampah

pasar-pagi-arengka2.jpg
(Riau Online/Annisa Alzikri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Drainase area Pasar Pagi Arengka digenangi oleh sampah yang kian menumpuk. Akibatnya aliran air tersumbat hingga mengeluarkan bau tidak sedap.

Dari pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu 30 September 2023, pada pukul 09.30 WIB, terlihat banyaknya sampah yang menutupi sepanjang drainase Pasar Pagi Arengka.

Tukang parkir Pasar Pagi Arengka, Suryaman (42) mengatakan sampah yang ada di drainase itu sudah ada sejak 2 bulan lamanya.

"Sehingga dampaknya banjir, aroma yang juga kurang sedap. Merusak alam jadinya," ujarnya saat diwawancarai RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu 30 September 2023.

Ia menyebut, untuk kebersihan drainase ini tidak tentu waktunya.


"Kadang hanya sebulan sekali itu pun tidak tentu. Jadi berharap kedepannya semoga dibersihkan lagi agar lebih nyaman," katanya.

Pembeli di Pasar Selasa, Tono (35), mengungkapkan sampah di drainase tersebut sudah lama terlihat setiap kali ia mau belanja kebutuhan ke pasar.

"Jadi sangat berdampak bagi kita yang kadang saat kita lewat ada aroma yang tidak enak, banyak lalat juga bahkan bisa jadi sarang nyamuk intinya. Seharusnya ini jadi tempat aliran air. Tapi karena banyak nya sampah ini jadi tersumbat alirannya," ungkapnya.

Menurutnya, drainase yang dipenuh sampah tidak hanya mengganggu pengunjung yang lewat, tetapi bisa jadi sarang penyakit.

"Jadi untuk kedepanya dibersihkan biar nyaman para pembeli maupun para penjual untuk berbelanja dan harapannya pemerintah turun tangan agar dibersihkan sampai tuntas jangan ada sampah lagi di drainase ini," pungkasnya.

Artikel ini ditulis Annisa Alzikri, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE