5 Lokasi Favorit Warga Buah Sampah Sembarangan di Kawasan Panam

Tumpukan-sampah21.jpg
(Riau Online/Haslinda)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Permasalah sampah di Kota Pekanbaru tampaknya tak kunjung usai. RIAUONLINE.CO.ID, akan merangkum beberapa lokasi di Panam yang kerap menjadi tempat pembuangan sampah.

 

1. Trotoar Jalan Naga Sakti - Stadion Utama Riau

 

Alih-alih menjadi kawasan melepas penat, pemandangan tak mengenakkan masih terlihat di trotoar Jalan Naga Sakti, Panam Pekanbaru tepatnya menuju pusat kuliner dan olahraga Stadion Utama Riau. 

 

Tumpukan sampah berserakan dikerumuni lalat hingga mengeluarkan bau busuk. Padahal tempat ini merupakan akses yang ramai dilalui masyarakat.

 

Mayoritas sampah yang dibuang pun berbagai macam dan masih baru. Mulai dari limbah dapur, plastik kemasan, sampai barang pribadi seperti tas. 

 

2. Jalan HR Subrantas Menuju UIN Suska Riau

 

Ladang sampah sempat terjadi di pinggir jalan HR. Subrantas Panam, tepatnya 500 Meter menuju kampus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyim (UIN Suska) Riau.

 


Meski saat ini spanduk larangan sudah terpasang, lengkap dengan sanki dan denda, tampaknya tak berhasil membuat

masyarakat patuh. Sebab, beberapa kali sampah masih terlihat walau dengan jumlah tak banyak dari biasanya. 

 

Pemerintah semestinya lebih jeli memperhatikan tempat ini dan jangan sampai kecolongan untuk kesekian kali. 

 

3. Jalan SM. Amin di Belakang Pintu Masuk UNRI 

 

Sampah menumpuk di sejumlah titik Kota Pekanbaru masih saja terlihat bahkan menghiasi pinggiran jalan kota. Tempat rawan pembuangan ilegal kerap terjadi di Jalan SM. Amin tepatnya di dekat belakang pintu masuk Universitas Riau. 

 

Namun, sejak satu minggu belakangan tempat ini telah dipasang spanduk larangan. Kita berharap imbauan itu bisa dipatahui masyarakat dan pemerintah tetap harus memantau.

 

4. TPS Sementara di Simpang Putri Tujuh, Panam 

 

Aktivitas jual beli yang menjadi pusat keramaian di kawasan simpang Putri Tujuh Panam, memang harus diperhatikan lebih jeli. Dikhawatirkan, oknum nakal masih membuang sampah meski jadwal pembuangan telah tertera. 

 

Tidak hanya di situ saja. Di area simpang Jalan Purwodadi, Panam kerap menjadi sasaran empuk pembuangan sampah yang berstatus ilegal. 

 

5.  TPS Sementara di Jalan Melati Ujung, Panam

 

Meski menjadi kawasan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara di Jalan Melati Ujung, Panam, tampaknya tak membuat lokasi tersebut terbebas dari sampah. 

 

Menurut penuturan pedagang di Jalan Air Hitam, Vesinaga, sampah masih tersisa karena tidak diangkut secara keseluruhan. Sebagian warga juga sudah mengeluh, karena lokasi TPS dekat dari pemukiman warga dan mendatangkan penyakit. 

 

"Saya selaku pedangang di Air Hitam merasa resah terkait pembuangan sampah itu. Semenjak ada sampah lalat banyak, saya dan anak saya terkena penyakit," tandasnya.