Sampah Menumpuk hingga Penuhi Drainase di Jalan Dharma Bakti

Sampah-di-dharma-bakti1.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aroma busuk tercium saat melintasi Jalan Dharma Bakti, Labuh Baru Barat, Payung Sekaki, Kota Pekanbaru. Aroma tidak sedap berasal dari sampah menumpuk di ruas jalan tersebut.

Pantauan Riau Online, Selasa, 19 September 2023, banyak sampah plastik dan sampah rumah tangga berserakan hingga memenuhi drainase. Padahal sudah ada spanduk larangan membuang sampah dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

Meski sudah diberikan peringatan, masih saja ada oknum masyarakat membuang sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah ilegal. Kondisi tersebut tentu mengganggu kenyamanan.

Warga setempat, Ridwan (26), mengatakan sampah yang berserakan hingga menutup saluran drainase juga menjadi penyebab seringnya terjadi banjir di kawasan tersebut.

"Mungkin sampah yang menumpuk ini menjadi salah satu alasan sering terjadinya banjir di sini," ungkapnya, Selasa 19 September 2023.


Ridwan menjelaskan, menumpuknya sampah di sekitar ruas jalan ini akibat tidak adanya solusi tempat seharusnya masyarakat membuang sampah.

"Karena tidak ada solusi harus kemana sampah ini dibuang, makanya orang-orang pada buang sampah di situ," jelasnya.

Ridwan berharap adanya pengawasan di sekitar TPS ilegal agar tidak ada sampah yang menumpuk di sekitar ruas jalan hingga memenuhi drainase.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE