Jalan Rusak Bekas Galian Pipa Air Minum di Pekanbaru Belum Kunjung Diperbaiki

jalan-rusak-Bekas-galian-pipa.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Proyek galian pipa air minum hingga kini masih berlangsung di Kota Pekanbaru. Namun banyak ruas jalan dalam kondisi rusak dan belum kunjung diperbaiki.

Jalan rusak bekas galian Perumdam Tirta Siak itu terlihat di sejumlah titik seperti di Jalan Beringin, Jalan Lembaga, dan Jalan Ronggowarsito, dan Jalan Durian. Kondisi jalan tidak rata dan masih banyak kerikil berserakan.

"Secepatnya ini diperbaiki, apalagi Jalan Beringin ini sempit jadi susah kita lewat," ungkap satu pengendara saat melewati Jalan Beringin, Minggu 17 September 2023.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebut, kontraktor yang bekerjasama dengan Perumdam Tirta Siak Pekanbaru harus mengembalikan kondisi jalan yang rusak seperti kondisi semula.



"Rekonstruksi lagi jalan yang rusak akibat galian seperti awal, mereka punya kewajiban memperbaiki ruas jalan rusak bekas galian itu," sebutnya.

Menurutnya, kontraktor tidak boleh membiarkan begitu saja bekas galian tersebut. Apalagi masyarakat setiap harinya melintas di sekitar tempat galian.

"Kalau dibiarkan lama-lama, kan berbahaya untuk pengguna jalan, berisiko bisa terjadi insiden di sana," ujarnya.

Indra mendorong agar pihak kontraktor yang mengerjakan galian pipa untuk memperbaiki kembali bekas galian. Ia juga mengingatkan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bisa melakukan pengawasan lebih optimal. 

"Kalau sudah dibongkar bekas galian itu, ya segera ditutup kembali, jangan dibiarkan begitu saja. Kami akan minta laporan detil dari Kadis PUPR terkait kondisi jalan bekas galian PDAM," tukasnya.