Warga resah, Tumpukan Sampah di Jalan Air Hitam Bikin Warga Terserang Penyakit

Tumpukan-sampah24.jpg
(Riau Online/ Anisa)

Artikel ini ditulis Anisa peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di riauonline.co.id

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tumpukan sampah di Jalan Melati Ujung, Panam tampak berserakan hhngga meluber ke jalanan. Padahal pemko sudah membuat imbauan soal sanksi membuang sampah sembarangan. Spanduk itu juga menerangkan soal jadwal membuang sampah.

Dari pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Selasa 12 September 2023, pada pukul 14.00 WB, terlihat mobil pengangkut datang. Sayangnya, sampah masih tersisa karena tidak diangkat secara keseluruhan.

Seorang warga yang berjualan di Air Hitam, Ve Sinaga mengaku keberatan dengan adanya tumpuan sampah  tu  sebab mendatangakan lalat dan mengeluarkan bau tidak sedap.

"Saya selaku warga yang berjualan di Air Hitam merasa resah terkait pembuangan sampah di situ. Semenjak ada sampah lalat banyak, saya dan anak saya terkena penyakit. Tidak hanya saya tapi teman-teman sekitar sini juga mengeluh," ujarnya saat di wawancarai, Selasa 12 September 2023.

la mengungkapkan, apalagi setiap malam beberapa mobil pikap kerap membuang sampah dengan jumlah banyak di TPS darurat tersebut.


"Sangat diherankan kenapa membuang sampah sebanyak itu harus di TPS ini. Sampah yang lama saja masih menumpuk. Ditambah lagi sampah dari mobil makin menyebar baunya," tuturnya.

Menurutnya, padahal pengangkatan dilakukan pagi dan siang hingga menjelang sore.

"Hanya saja tidak rutin kadang sudah menumpuk menguap baru dibersihkan. Seharusnya mereka membersihkan semuanya jadi tidak mengendap kotoran dan bauknya. Sebab banyak lalat yang datang dan kami harus menggunakan lilin disini," tandasnya.

Ves berharap TPS ini dipindahkan ke tempat yang jauh dari pemukiman warga.

"Selain menimbulkan penyakit, TPS ini juga dapat menganggu pemandangan jika ingin ke Stadion Utama Riau," tutupnya.